Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pupuk Borat Bagi Tanaman Kelapa Sawit


etafarm.com - Manfaat Pupuk Borat Bagi Tanaman Kelapa Sawit
. Pupuk merupakan salah satu komponen terpenting dalam kegiatan usaha budidaya tanaman kelapa sawit. Borat merupakan salah satu jenis pupuk yang menyediakan unsur hara boron bagi tanaman kelapa sawit. Hara boron adalah unsur hara mikro bagi kelapa sawit yang di butuhkan dalam jumlah sedikit tetapi memiliki peranan vital. Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat borat bagi kelapa sawit. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Pupuk Borat?

Pupuk borat merupakan jenis pupuk yang menyediakan unsur hara boron pada tanaman kelapa sawit. Boron merupakan unsur hara mikro yang penting bagi tanaman kelapa sawit dengan memiliki banyak fungsi, seperti perkembangan dan pembentukan bunga, daun, akar hingga biji.

Unsur hara boron dapat di peroleh dari penggunaan pupuk kimia yang tersedia di toko pertanian. Kandungan unsur hara boron pada pupuk yang di jual di pasaran bervariasi mulai dari 45 - 48 % tergantung produsen pembuat pupuk.

Manfaat Pupuk Borat Bagi Sawit

Borat memainkan peranan penting dalam proses pertumbuhan dan produksi tanaman kelapa sawit. Berikut beberapa contoh manfaat pupuk borat pada tanaman kelapa sawit :

  1. Merangsang pertumbuhan daun muda
  2. Membantu pembentukan karbohidrat dan protein dalam proses fotosintesis
  3. Merangsang pertumbuhan akar - akar baru
  4. Mengatasi gejala ujung daun keriting dan kegagalan dalam proses pembentukan buah.
  5. Memaksimalkan proses penyerbukan sehingga buah yang di hasilkan memiliki bobot yang maksimal

Dosis dan Cara Aplikasi Pupuk Borat

Berdasarkan data yang bersumber dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit, dosis penggunaan pupuk borat adalah 75 - 100 gram/pohon/tahun.

Pupuk borat dapat di aplikasikan dengan beberapa cara sebagai berikut :

  1. Pada tanaman muda dan posisi buah masih dapat di jangkau dengan tangan, maka borat dapat di taburkan pada buah dan ketiak pelepah.
  2. Pada tanaman tua yang sudah tinggi pupuk borat dapat di taburkan di ketiak pelepah dan pangkal batang.

Ciri Kekurangan Unsur Hara Boron Pada Tanaman Kelapa Sawit

Meskipun merupakan hara mikro yang kebutuhannya sedikit pada tanaman kelapa sawit, tetapi kekurangan unsur hara boron dapat menyebabkan penurunan produksi yang signifikasi. Berikut ini ciri kekurangan unsur hara boron pada sawit.

  1. Ujung daun tua menjadi keriting
  2. Terbentuknya daun menyerupai tulang ikan
  3. Banyak bakan buah yang terbentuk secara tidak sempurna.

Memastikan ketercukupan hara boron adalah hal penting pada proses budidaya kelapa sawit. Kekurangan hara ini secara terus menerus dapat menyebabkan tanaman kelapa sawit mengalami penurunan produksi. Oleh sebab itu penting bagi pekebun menambahkan pupuk borat pada komposisi pupuk yang di gunakan. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Manfaat Pupuk Borat Bagi Tanaman Kelapa Sawit"