Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Biochar Bagi Pertanian Yang Berkelanjutan

Manfaat Biochar Bagi Pertanian Yang Berkelanjutan

 etafarm.com - Manfaat Biochar Bagi Pertanian Yang Berkelanjutan. Penggunaan pupuk kimia saat ini memang sudah tidak terelakkan lagi dalam dunia pertanian. Dampak jangka panjang penggunaan pupuk kimia dapat menurunkan kesehatan dan kesuburan tanah. Saat ini terdapat jenis pupuk organik yang bernama biochar yang memanfaatkan sisa - sisa bahan pertanian. Penasaran dengan pupuk biochar ini? yuk simak artikel di bawah ini.

Baca Juga : Ini Dia Bahan Organik Dari Tanaman yang Kaya Akan Nitrogen

Apa itu Biochar?

Biochar merupakan bahan organik yang kaya akan unsur karbon yang dihasilkan melalui proses pembakaran tidak sempurna atau yang biasa disebut dengan proses pirolisis. Proses pirolisis ini adalah pembakaran yang mengalami kekuarangan unsur oksigen dalam proses pembakaran, sehingga bahan yang dibakar tidak tebakar secara sempurna.

Potensi pemanfaatan biochar sebagai pupuk saat ini sangat terbuka lebar, mengingat tingkat kesuburan dan kesehatan tanah pertanian saat ini mulai menurun akibat penggunaan pupuk kimia. Biochar ini termasuk pupuk yang murah dan ramah lingkungan, ini karena pupuk biochar berasal dari sisa - sisa limbah pertanian seperti, sekam padi, tongkol jagung, tempurung kelapa, cangkang sawit dan limbah pertanian lainnya.

Manfaat Biochar

Biochar merupakan bahan organi yang dapat disebut juga pupuk ataupun pembenah tanah. Berikut ini adalah beberapa manfaat biochar yang perlu kamu ketahui :

  1. Sumber bahan organik bagi tanah : Komponen utama dalam biochar adalah karbon yang merupakan bahan organik yang sangat baik bagi kesehatan tanah. Biochar ini akan menjadi sumber makanan bagi tanaman maupun mikroorganisme dalam tanah sehingga tanah akan menjadi lebih sehat karena terdapat banyak mikroorganisme.
  2. Memperbaiki struktur tanah : Dampak paling nyata dari penggunaan pupuk kimia adalah mengerasnya tanah pertanian, ini mengakibatkan akar tanaman akan sulit untuk berkembang. Penggunaan biochar dalam lahan pertanian akan memperbaiki struktur tanah yang sudah mengeras menjadi lebih gembur. Jika tanah pada lahan pertanian kita gembur otomatis tanaman yang kita tanam akan lebih cepat untuk berkembang.
  3. Meningkatkan kemampuan tanah mengikat air : Dampak lainnya akibat tanah yang sudah keras adalah menurunnya kemampuan tanah untuk mengikat air. Penambahan biochar pada lahan pertanian akan membuat tanah akan menjadi lebih lama dalam mengikat air sehingga tanah akan menjadi lembab untuk waktu yang lebih panjang dari biasanya. Gugus karbon dalam biochar inilah yang berperan dalam mengikat air dalam tanah.

Cara Penggunaan Pupuk Biochar

Pengguaan pupuk biochar hampir sama saja dengan pupuk pada umumnya. Namun selain menjadi pupuk, biochar ini juga dapat menjadi media tanam tambahan apabila kita ingin menanam di dalam polibag.

Biochar dapat di aplikasikan pada awal proses penananam. Untuk setiap 1 Ha tanah kita bisa menambahkan 400 - 500 kilogram biochar. Sebarkan pupuk biochar secara merata pada lahan yang akan kita tanami. Lalu cangkul/bajak kembali tanah agar biochar tercampur secara merata dengan tanah.

Harga Pupuk Biochar

Karena berasal dari limbah pertanian dan cara pembuatannya yang tidak memerlukan peralatan yang canggih, pupuk biochar ini dapat dibuat secara pribadi sehingga tidak memerlukan biaya yang besar.

Namun saat ini sudah banyak kelompok tani ataupun perorangan yang memproduksi pupuk biochar ini untuk di jual secara bebas. Berdasarkan pengamatan penulis, harga pupuk biochar ini di jual mulai dari harga 50 - 70 ribu rupiah untuk kemasan 30 kilogram.

Baca Juga : Ini Dia Keunggulan Menggunakan Pupuk Organik Pada Cabai

Demikian ulasan singkat mengenai pupuk biochar. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Manfaat Biochar Bagi Pertanian Yang Berkelanjutan"