Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Yellow Trap Sederhana Untuk Lahan Pertanian

Cara Membuat Yellow Trap Sederhana Untuk Lahan Pertanian

 etafarm.com - Cara Membuat Yellow Trap Sederhana Untuk Lahan Pertanian. Dalam dunia pertanian, hama adalah salah satu musuh terberat bagi petani untuk dapat menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. Penggunaan yellow trap telah terbukti dapat mengurangi serangan hama serangga pada lahan pertanian. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai cara membuat yellow trap secara sederhana, mari simak ulasannya pada artikel di bawah ini.

Baca Juga : Cara Mengendalikan Hama Ulat Pada Tanaman Cabai

Apa itu Yellow Trap?

Yellow trap adalah alat yang di gunakan oleh petani untuk menjebak serangga yang menyerang tanaman pertanian. Yellow trap mengandung zat yang memiliki aroma yang disukai oleh serangga dan bersifat lengket. Sifat lengket inilah yang akan menjebak serangga agar tidak menyerang lahan pertanian.

Manfaat Yellow Trap

Yellow trap merupakan salah satu cara pengendalian hama dalam lahan pertanian. Penggunaan yellow trap akan mengundang serangga untuk hinggap, lalu kemudian serangga yang hinggap tidak akan bisa lari karena sudah terperangkap lem pada yellow trap. Serangga yang biasa menyerang lahan pertanian adalah lalat buah, kutu daun, lalaut daun, belalang dan kupu - kupu. Penggunaan yellow trap ini bersifat pencegahan dan merupakan cara yang ramah lingkungan.

Mengapa Yellow Trap Berwarna Kuning?

Hama serangga yang menyerang lahan pertanian umunya menyukari warna kuning. Pemilihan ini sejalan dengan naluri dan sensor serangga yang sangat sensitif terhadap warna kuning. Dengan penambahan aroma tertentu yang di sukai oleh serangga tentu akan meningkatkan efektivitas dari penggunaan yellow trap di lahan pertanian.

Cara Membuat Yellow Trap

Saat ini yellow trap sudah banyak dalam bentuk jadi, kita bisa langsung membeli yellow trap di toko - toko pertanian terdekat. Namun bukan itu yang ingin kita bahas disini, yellow trap yang di maksud adalah yellow trap sederhana hasil karya sendiri dengan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar kita dan tentunya ramah bagi kantong.

Alat dan Bahan :

  • Botol Air Mineral Bekas (sebaiknya yang berukuran 600 ml)
  • Thinner
  • Cat minyak warna kuning
  • Lem khusus serangga
  • Tali rafia
Cara Membuat :
  1. Bersihkan botol plastik bekas.
  2. Siapkan cat minyak yang terlebih dahulu sudah di encerkan dengan thinner.
  3. Tuangkan cat ke dalam botol, lalu goyang - goyang botol hingga seluruh bagian dalam botol terlapisi cat secara merata.
  4. Tunggu cat mengering secara sempurna.
  5. Oleskan lem serangga pada permukaan botol.
  6. Tempatkan yellow trap pada tempat - tempat strategis pada lahan pertanian.

Baca Juga : Ini Dia Cara Mengendalikan Hama Penghisap Buah Kakao

Demikian ulasan mengenai cara membuat yellow trap sederhana pada lahan pertanian. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Yellow Trap Sederhana Untuk Lahan Pertanian"