Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Keunggulan Sawit PPKS 540 Yang Wajib Kamu Ketahui


etafarm.com - Ini Dia Keunggulan Sawit PPKS 540 Yang Wajib Kamu Ketahui.
 Penggunaan bahan tanam unggul adalah sebuah keharusan dalam usaha budidaya kelapa sawit. PPKS sebagai produsen benih kelapa sawit tertua di Indonesia memiliki varietas unggulan yaitu PPKS 540 yang di klaim memiliki banyak keunggulan. Penasaran dengan varietas PPKS 540? yuk simak ulasannya di bawah ini.

PPKS 540

Varietas PPKS 540 adalah hasil dari persilangan antara Dura Deli dengan Psifera keturunan SP540T murni. Varietas ini resmi di rilis pada tahun 2007 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 371/Kpts/Sr.120/7/2007.

Karakteristik PPKS 540

Berikut ini merupakan karakterisitik dari Varietas PPKS 540 :

  • Rerata jumlah tandan : 13 tandan/pohon/tahun
  • Berat janjang rata - rata : 19,2 kg
  • Produksi TBS rata - rata : 28,4 ton/ha/tahun
  • Potensi TBS : 33,7 ton/ha/tahun
  • Produksi CPO rata - rata : 7,5 ton/ha/tahun
  • Potensi CPO : 10.4 ton/ha/tahun
  • Panjang Pelepah 5,5 meter
  • Kerapatan tanam : 146 - 143 pohon/ha

Keunggulan PPKS 540

PPKS 540 merupakan salah satu varietas andalan dari balai benih Pusat Penelitian Kelapa Sawit, sehingga menjadikan varietas ini layak untuk di kebunkan. Berikut ini beberapa keunggulan dari varietas PPKS 540 yang di lansir dari beberapa sumber.

  1. Varietas PPKS 540 cepat berbuah (quick starter), pohon akan mulai berbuah pada usia tanam 22 bulan dan panen perdana dapat di lakukan pada usia sawit 30 bulan.
  2. Persentase daging buah (mesokarp) yang sangat tinggi mencapai 88 - 90%, ini merupakan karakter buah yang mengandung minyak dalam jumlah yang besar.
  3. Jumlah tandan yang di hasilkan dari setiap pohon tergolong banyak, yaitu 14 tandan/pohon/tahun. Ini tergolong banyak jika membandingkan sawit non - unggul yang mana jumlah tandan kurang dari 10 tandan/pohon/tahun.
  4. Memiliki daya adaptasi yang luas, sehingga varietas ini cocok untuk di tanam di segala medan.
  5. Potensi Tandan Buah Segar yang besar, yaitu mencapai 31,1 ton/ha/tahun, ini sangat besar jika dibandingkan dengan sawit non - unggul yang rata - rata hanya menghasilan TBS kurang dari 20 ton/ha/tahun.

Harga Benih PPKS 540

Benih PPKS 540 dapat di pesan melalui aplikasi my sawit yang dapat di unduh melalui play store.

Harga resmi kecama PPKS 540 : Rp 7.200 / butir

Kecambah PPKS 540 yang asli hanya di peroleh dari aplikasi my sawit ataupun dengan memesan langsung dari outlet - outlet resmi PPKS yang sudah tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Pemilihan varietas merupakan kunci dari kesuksesan dalam usaha budidaya kelapa sawit. Gunakanlah bahan tanam unggul dari balai benih yang sudah di kenal secara luas. Penggunaan bahan tanam yang salah akan mendatangkan kerugian dalam budidaya kelapa sawit. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Keunggulan Sawit PPKS 540 Yang Wajib Kamu Ketahui"