Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Bahan Organik Dari Tanaman yang Kaya Akan Nitrogen

Ini Dia Bahan Organik Dari Tanaman yang Kaya Akan Nitrogen

 etafarm.com - Ini Dia Bahan Organik Dari Tanaman yang Kaya Akan Nitrogen
. Sisa - sia tanaman sangat jarang di manfaatkan, bahkan sering dianggap hanya sebagai sampah yang tidak memiliki manfaaat. Siapa sangka ternyata bahan organik sisa sisa tanaman ini mengandung nitrogen yang sangat berguna bagi tanaman. Penasaran apa saja bahan organik yang memiliki kandungan nitrogen tinggi ini? yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga : Ini Dia Keunggulan Menggunakan Pupuk Organik Pada Cabai

Apa Itu Bahan Organik?

Membahas mengenai bahan organik tentu tidak lepas dari makhluk hidup yang ada di bumi. Karena bahan organik adalah segala sesuatu yang mengandung gugus karbon, hidrogen dan oksigen dalam suatu makhluk hidup. 

Bahan organik dalam hal pemanfaatannya banyak di gunakan dalam bidang pertanian karena kandungan bahan organik sangat baik bagi pertumbuhan tanaman.

Bahan Organik dari Tanaman adalah bahan/sisa - sisa bagian dari tanaman yang sudah terpisah dari tanaman ataupun dari tanaman yang sudah mati. Contohnya, potongan rumput, daun, ranting, batang, serbuk gergaji dan lainnya.

Saat ini sisa - sisa ddari tanaman ini jarang di manfaatkan karena sering diangggap sebagi sampah dan tidak memiliki kegunaan. Namun dengan pengolahan yang benar bahan organik dari tanaman ini dapat menjadi sumber pupuk yang baik bagi tanaman.

Manfaat Nitrogen Bagi Tanaman

Nitrogen merupakan salah satu dari tiga unsur hara makro yang di butuhkan tanaman untuk dapat tumbuh. Nitrogen memiliki fungsi utama sebagai bahan baku proses sintesis klorofil, protein dan asam amino pada tanaman. Tanpa adanya nitrogen tentu tanaman tidak akan bisa melakukan proses fotosintesis.

Kekurangan nitrogen pada tanaman akan ditandai dengan menguningnya daun tanaman dan tanaman akan cenderung sulit untuk berkembang. Selain itu kekurangan nitrogen dapat menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit.

Bahan Organik Sumber Nitrogen Bagi Tanaman

Selain dari pupuk anorganik (kimia), nitrgoen juga dapat di peroleh dari bahan - bahan organik yang tersedia dari tanaman itu sendiri. Saat ini penggunaan pupuk organik cukup jarang di gunakan karena dianggap tidak praktis. Memang ada benarnya karena pupuk organik membutuhkan waktu yang lebih lama daripada pupuk kimia untuk tersedia bagi tanaman.

Namun penggunaan pupuk kimia yang berlebihan secara terus menerus dapat merusak kesehatan tanah dan malah menjadikan tanah menjadi keras dan tidak subur. Sebaliknya penggunaan pupuk organik justru dapat menyuburkan dan menyehatkan tanah.

Berikut ini adalah beberapa bahan organik dari tanaman yang mengandung nitrogen :

1. Daun Kirinyuh

Daun kirinyuh sering di manfaatkan sebagai obat luka, diabeter dan kolesterol. Namun siapa sangka daun kirinyuh mengandung 5,2 % Nitrogen, 4,36% Fosfat dan 3,2% Kalium (Duadja dkk, 2012; Hidayat dkk, 2006).

2. Daun Gamal

Pohon gamal memiliki nama latin Gliricidia sepium ternyata sangat baik digunakan sebagai bahan pembuat pupu organik. Berdasarkan penelitian di ketahui bahwa per 100 kg daung gamal kering mengandung 3,15% Nitrogen, 0,22% Fosfat dan 2,64% Kalium. (Duadja dkk, 2012; Hidayat dkk, 2006).

3. Daun Lamtoro

Lamtoro (Leucaena leocucephala) memiliki banyak nama lain. Banyak yang menyebut lamtoro itu petani cina, lantoro, metir, petai selong dan mlanding. Diketahui bahwa tiap 100 kg daun lamtoro terdapat 2,0 - 4,1% Nitrogen, 0,3% Fosfat dan 2,3% Kalium (Palimbungan dkk, 2006).

4. Kulit Pisang

Berdasarkan hasil analisis pada pupuk organik padat dan cair dari kulit pisang kepok yang dilakukan oleh Nasution (2013) di Laboratorium Riset dan Teknologi Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, diketahui bahwa kandungan hara yang terdapat pada kulit pisang adalah : C-organik 6,1%; Nitogen 1,3%, Fosfat 0,05%  dan Kalium1,4%.

5. Kulit Kopi

Limbah kulit kopi baik hasil olah basah maupun olah kering memiliki kandungan unsur hara yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan tanaman. Menurut Dzung et al. (2013), kulit tanduk buah kopi memiliki kandungan Nitrogen 1,27%, Fosfat 0,06% dan kalium (K) 2,46%.

Baca Juga : Apa Sih Bedanya Pupuk MKP dan KNO3?

Demikian ulasan mengenai bahan organik dari tanaman yang kayn akan nitrogen. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Bahan Organik Dari Tanaman yang Kaya Akan Nitrogen"