Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Sih Bedanya Pupuk MKP dan KNO3?


 

etafarm.com - Apa Sih Bedanya Pupuk MKP dan KNO3?. Mungkin bagi sebagian orang yang berkecimpung di dunia pertanian pupuk MKP dan KNO3 bukanlah hal asing. Namun bagi orang awam tentu bertanya - tanya apa sih beda antara pupuk MKP dan KNO3, bagi kamu yang ingin mengetahuinya mari simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Apa Itu Pupuk MKP?

Apa Itu Pupuk MKP dan KNO3

MKP adalah singkatan dari Mono Kalium Phosphate, sesuai dengan namanya pupuk MKP adalah pupuk yang mengandung unsur fosfat dan kalium. Sedangkan KNO3 atau yang umum di sebut dengan Kalium Nitrat adalah pupuk yang mengandung unsur hara kalium dan nitrogen (nitrat).

Kedua jenis pupuk ini sangat berguna bagi tanaman, baik itu dalam fase vegetatif maupun generatif. Namun kita perlu memahami waktu dan cara pengaplikasian pupuk ini agar tidak mubazir.

Perbedaan Pupuk MKP dan KNO3

1. Kandungan Unsur Hara

  • Pupuk MKP mengandung Fosfat 52% dan Kalium 34%
  • Pupuk KNO3 mengandung Nitrogen 13% dan Kalium 45%

2. Fungsi

Pupuk MKP dengan kandungan P dan K yang tinggi sangat baik di gunakan sebagai perangsang pertumbuhan akar, mempercepat pemunculan bunga dan mencegah kerontokan bunga dan buah.

KNO3 adalah pupuk yang di formulasikan sebagai sumber nutrisi bagi tanaman pada fase vegetatif. KNO3 dapat memacu munculnya tunas baru, memicu pertumbuhan akar dan memperbesar diameter batang tanaman.

3. Waktu Aplikasi Pupuk

  • Pupuk MKP sebaiknya di berikan pada masa pembungaan dan pembuahan tanaman. Tanaman pada masa generatif membutuhkan pupuk dengan unsur P dan K yang tinggi
  • Pupuk KNO3 akan lebih efektif di berikan pada masa vegetatif tanaman. Pada masa ini tanaman akan membutuhkan unsur N dan K yang cukup untuk memacu pertumbuhan tanaman dan mempersiapkan batang agar siap untuk memasuki masa pembuahan.

Secara kandungan dan fungsi pupuk MKP dan KNO3 tidak jauh berbeda, namun kedua pupuk ini sama sama mengandung unsur Kalium. Perlu pemahaman yang komperhensif agar kita tidak salah memilih kedua pupuk ini. Karena tanaman akan membutuhkan pupuk yang berbeda pada setiap fase perkembangannya.

Demikian ulasan singkat mengenai perbedaan pupuk MKP dan KNO3. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa Sih Bedanya Pupuk MKP dan KNO3?"