Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inovasi Media Tanam dengan Gedebog Pisang


 etafarm.com - Inovasi Media Tanam dengan Gedebog Pisang
. Tahukah kamu bahwa gedebog pisang ternyata dapat di manfaatkan sebagai media tanam berbagai jenis tanaman hortikultura seperti cabai, terong, tomat, sawit, bayam dan jenis sayur lainnya. Gedebog pisang ini memiliki unsur hara yang di butuhkan oleh tanaman untuk tumbuh. Bagi kamu yang ini tahu tentang inovasi ini mari simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga : Begini Cara Memilih Benih Unggul dan Berkualitas

Gedebog Pisang

Batang pisang atau yang biasa di sebut gedebog merupakan bagian dari tanaman pisang (Musa spp.) yang berfungsi sebagai penopang utama tanaman pisang. Saat ini kebanyakan petani pisang hanya membuang gedebog pisang ini setelah pisang di panen. Ini tentunya akan menjadi limbah jika tidak ditangani dengan tepat.

Saat ini berkat inovasi dari para petani yang ingin memanfaatkan limbah dari perkebunan pisang ini. Gedebog pisang mulai di manfaatkan sebagai bahan media tanaman sayur - sayuran yang murah dan subur.

Kandungan Hara Gedebog Pisang

Berikut ini merupakan uraian kandungan gedebog pisang dalam bentuk kompos.

  • C-Organik     : 29,7%
  • C/N ratio      : 17,8%
  • Kadar Air      : 10,94%
  • pH                 : 5,64%
  • NPK              : 7,74%
  • Fe                  : 220 ppm
  • Mn                : 215 ppm
  • Zn                 : 33 ppm

Cara Menggunakan Gedebog Sebagai Media Tanam

  1. Langkah pertama adalah pilih gedebog pisang yan sehat dan tehindar dari penyakit layu fusarium. Lalu potong batang pisang dengan panjang sesuai dengan kebuthan dan posisikan batang pisang tidur diatas permukaan tanah ataupun dapat ditempatkan diatas dudukan kayu.
  2. Pada bagian batang pisang di buat lubang dengan diameter 5 cm dengan dalam 5 cm. Setiap lubang tanam sebaiknya memiliki jarak 20 - 30 cm.
  3. Lalu isi tambahan media yang terdiri dari campuran tanah, pupuk organik dan sekam dengan perbandingan 2:1:1.
  4. Lalu tanam bibit tanaman yang sebelumnya sudah disemai pada lubang yang sudah di isi campuran media tanam.

Keunggulan Gedebog Pisang

Gedebog pisang memiliki banyak keunggulan jika di gunakan sebagai media tanam. Kandungan pati dalam gedebog sangat berguna sebagai nutrisi bagi pertumbuhan tanaman. Gedebog pisang juga memiliki bakteri pengurai yang dapat membentuk kompos secara sendirinya dan keunggulan terakhir adalah, batang pisang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Dengan kandungan air yang tinggi ini maka tanaman mendapat pasokan air yang cukup dari media gedebog pisang.

Baca Juga : Mengenal Kelas Benih Berdasarkan Warna Label

Gedebog pisang saat ini masih tidak terlalu di manfaatkan oleh banyak orang. Penggunaan geebog pisang sebagai media tanaman sayuran tentunya memiliki keunggulan jika dibandingkan media tanam lainnya. Selain itu pemanfaatan gedebog pisang ini juga dapat mengurangi limbah dari batang pisang yang tidak terpakai setelah di lakukan pemanenan pisang.

Demikian ulasan singkat mengenai inovasi media tanam dengan gedebog pisang. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Inovasi Media Tanam dengan Gedebog Pisang"