Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Memilih Benih Unggul dan Berkualitas


 etafarm.com - Begini Cara Memilih Benih Unggul dan Berkualitas
. Penggunaan benih unggul saat ini sangat membantu petani untuk meningkatkan hasil budidaya pertanian. Benih unggul dan berkualitas berasal dari indukan yang terpilih dan sudah melalui proses sertifikasi untuk menjamin keunggulan dan kemurnian sifat indukan. Bagi kamu yang masih bingung cara memilih benih unggul dan berkualitas bisa menyikan ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Mengenal Kelas Benih Berdasarkan Warna Label

Apa Itu Benih Unggul?

Bagi kalangan petani kata benih unggul tentunya sering di dengar di dalam kehidupan sehari - hari. Ini merupakan hal yang wajar mengigat benih unggul memiliki manfaat yang besar bagi petani. Penggunaan benih unggul tentu dapat meningkatkan pendapatan petani dari penjualan hasil pertanian.

Benih unggul adalah benih yang sudah lolos uji sertifikasi dan resmi terdaftar pada dinas pertanian setempat. Benih unggul berasal dari indukan terpilih yang sudah di pantau dari sisi pertumbuhan maupun produktivitas tanaman. Sehingga penggunaan benih untuk bersertifikat ini akan memiliki sifat yang hampir sama dengan pohon indukan benih.

Panduan Pemilihan Benih Bersertifikat

1. Kenali Jenis Lahan

Jenis lahan yang akan di tanami benih unggul perlu di ketahui jenisnya, apakah tanah liat, gambut dan lain sebagainya. Memahami jenis lahan tentunya akan sangat berguna bagi petani dalam menentukan jenis benih yang akan di gunakan.

2. Tujuan Penggunaan

Dalam kegiatan budidaya pertanian tentunya hasil pertanian akan memiliki pangsa pasar khusus. Contohnya terdapat jangung yang memiliki pasar sebagai jagung pakan ternak. Tentunya apabila petani memiliki tujuan untuk meghasilkan pakan ternak harus memilih benih jagung pakan ternak, bukan menggunakan jagung manis yang tujuannya untuk di konsumsi oleh manusia.

3. Pahami Karakteristik Benih

Setiap benih yang di edarkan tentunya akan memiliki sifat - sifat khusus yang turun dari pohon indukan. Sebelum menentukan benih yang akan di tanaman terlebih dahulu kenali sifat dasar dari benih unggul. Pilihlah benih yang memiliki produktivitas tinggi dan tahan terdahap serangan penyakit.

Baca Juga : Ini Dia Keunggulan Sawit PPKS 540 Yang Wajib Kamu Ketahui

Penggunaan benih unggul dan berkualitas merupakan sebuah hal yang wajib di lakukan petani saat ini. Pemilihan benih unggul tetap harus menyesuaikan kondisi lahan, tujuan penggunaan dan karakteristik dari benih.

Demikian ulasan mengenai cara memilih benih unggul. Terimakasih telah mambaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Memilih Benih Unggul dan Berkualitas"