Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Pupuk MKP?


etafarm.com - Apa Itu Pupuk MKP?
. Pemberian pupuk tambahan bagi tanaman adalah sebuah hal utama dalam kegiatan budidaya pertanian. Tanpa adanya pemberian pupuk tambahan dapat tanaman hanya akan mengandalkan nutrisi dari tanah yang semakin lama mulai berkurang jumlahnya. MKP merupakan salah satu contoh pupuk yang saat ini mulai banyak di gunakan oleh para petani. Bagi yang belum tahu tentang pupuk satu ini, yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Update Harga Pupuk Bulan November 2023

Apa Itu Pupuk MKP?

MKP merupakan singkatan dari Mono Kalium Phosphate, jadi pupuk MKP adalah pupuk yang mengandung unsur hapa Kalium dan Fosfat. Unsur hara kalium sangat berguna dalam fase generatif tanaman dan fosfat berguna pada fase vegetatif maupun generatif.

Pupuk MKP yang kita temui di pasaran memiliki bentuk kristal putih yang cukup halus dengan butiran yang seragam. Umumnya kita sering menjumpai pupuk ini di jual dalam kemasan 1 kg.

Kandungan Pupuk MKP

Sama seperti namanya Mono Kalium Phosphate, pupuk MKP mengandung unsur kalium dan fosfat. Umumnya kandungan unsur hara pupuk MKP adalah sama meskipun dari merek yang berbeda, ini karena saat ini pupuk MKP yang beredar di Indonesia masih di Impor dari Negara China dan Jerman.

Berikut ini adalah kandungan hara pupuk MKP :

  • Fosfat : 34%
  • Kalium : 52%

Manfaat Pupuk MKP Bagi Tanaman

Berikut ini adalah beberapa manfaat pupuk MKP bagi tanaman : 

1. Menyediakan Nutrisi Bagi Tanaman

Tujuan utama pemberian pupuk bagi tanaman adalah untuk menyediakan nutrisi yang akan digunakan tanaman untuk bertumbuh. Pupuk MKP memiliki kandungan fosfat dan kalium dalam jumlah yang tinggi tentunya sangat baik untuk membantu proses pertumbuhan tanaman.

2. Mempercepat Munculnya Bunga

Pupuk MKP ini pada dasarnya di formulasikan untuk fase generatif tanaman, hal ini di dukung dengan hara fosfat dan kalium yang tinggi. Dengan adanya kedua hara ini dalam jumlah yang besar, maka pemberian pupuk ini pada tanaman yang akan memasuki masa berbuah akan lebih disarankan. Pupuk MKP akan membantuk tanaman mempercepat proses munculnya bunga yang kemudian berkembang menjadi buah.

3. Mencegah Kerontokan Bunga dan Buah Pada Tanaman

Umumnya tanamanan buah yang masuk dalam fase generatif/berbuah sering mengalami proses terjadinya kerontokan bunga dan buah, ini akibat tanaman mengalami kekurangan unsur hara fosfat dan kalium. Penggunaan pupuk MKP dapat mengurangi potensi kerontokan bunga dan buah pada tanaman, tentunya ini akan sangat menguntukan bagi petani yang membudidayakan tamanan buah.

Harga Pupuk MKP

Harga pupuk MKP di pasaran saat ini cukup tinggi jika di bandingkan dengan jenis pupuk lainnya. Ini di sebabkan pupuk MKP yang beredar di Indonesia adalah produk impor dari Negara China dan Jerman. 

Berdasarkan pemantauan penulis saat ini harga pupuk MKP cukup bervariatif tergantung merek dan daerahnya, berikut ini adalah harga pupuk MKP kemasan 1 kg di toko pertanian.

  • MKP Pak Tani : Rp 55.000 - Rp 70.000
  • MKP Meroke : Rp 55.000 - Rp 65.000
  • MKP Hextar : Rp 55.000 - Rp 65.000

Pupuk MKP adalah pupuk dengan kandungan fosfat dan kalium yang tinggi. Pupuk ini di formulasikan untuk tanaman yang akan memasuki masa berbuah/generatif. Tetapi tidak menutup kemungkinan pupuk ini juga dapat di gunakan untuk mempercepat proses pertumbuhan dari tanaman yang kita budidayakan.

Demikian ulasan mengenai pupuk MKP. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Pupuk MKP?"