Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apasih Bedanya Urea Subsidi dan Non Subsidi?

etafarm.com - Apasih Bedanya Urea Subsidi dan Non Subsidi?. Urea subsidi adalah sebuah program pemerintah untuk membantu para petani kecil Indonesia. Pupuk subsidi ini tentunya sangat berguna bagi petani kecil yang kesulitan untuk membali pupuk yang harganya cukup mahal saat ini. Kali ini pembahasan kita adalah mengenai perbedaan pupuk urea subsidi dan non subsidi. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Fungsi Nitrogen Pada Tanaman Yang Wajib Kamu Ketahui

Karung

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk mengetahui perbedaan kedua pupuk ini adalah dari karungnya. Pada pupuk subsidi terdapat tulisan "PUPUK BERSUBSIDI, BARANG DALAM PENGAWASAN PEMERINTAH" pada bagian atas karung. Sedangkan pada pupuk non subsidi akan terdapat tulisan "PUPUK NON SUBSIDI" yang biasanya pada bagian belakang karung. Ini di lakukan agar pupuk subsidi mudah untuk dikenali tanpa harus membuka karung pupuk.

Warna Pupuk

Warna butiran pupuk urea subsidi berbeda dengan urea non subsidi. Pada urea subsidi, warna butiran pupuk berwarna merah muda, sedangkan urea non subsidi berwarna putih. 

Pewarnaan pada pupuk urea subsidi ini bertujuan  untuk mengurangi penyalahgunaan pada penyaluran pupuk dilapangan. Bahkan pada beberapa kasus di temui urea subsidi dikemas ulang  menjadi urea non subsidi. Tentu ini akan merugikan bagi petani.

Harga

Untuk harga kedua pupuk ini sudah pasti berbeda. Tujuan dari subsidi ini tidak lain adalah untuk menekan harga urea sehingga petani kecil tidak lagi mengalami kesulitan untuk membeli pupuk urea. Harga urea subsidi sudah di atur dalam Kepmentan 734 tahun 2022, yaitu sebesar Rp 2.250/kg atau Rp 112.500/karung. Sedangkan harga urea non subsidi di tentukan oleh mekanisme pasar.

Cara Mendapatkan

Perbedaan terakhir antara kedua pupuk ini adalah cara mendapatkannya. Untuk urea subsidi, hanya bisa di peroleh anggota kelompok tani yang sudah terdaftar di dinas terkait. Karena jumlah pupuk subsidi ini terbatas, pemerintah menjatah kuota pupuk ini sesuai dengan luasan lahan yang di miliki oleh kelompok tani. Sehingga kita tidak akan mungkin menemukan urea subsidi di jual bebas di kios pupuk.  Berbeda dengan pupuk non subsidi, pupuk non subsidi diperjualbelikan secara bebas di pasaran.

Baca Juga : Mengenal Jenis Pupuk Yang Mengandung Nitrogen

Itulah bebeara cara sederhana yang dapat di gunakan untuk membedakan pupuk urea subsidi dan non subsidi. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apasih Bedanya Urea Subsidi dan Non Subsidi?"