Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis Pupuk Yang Mengandung Nitrogen

etabaca.com - Mengenal Jenis Pupuk Yang Mengandung Nitrogen. Pupuk merupakan sumber unsur hara yang sangat di butuhkan oleh tanaman agar dapat bertumbuh dengan baik. Nitrogen adalah salah satu unsur hara makro yang sangat penting bagi tanaman, terutama pada fase vegetatif. Saat ini banyak beredar di pasaran jenis pupuk yang mengandung unsur nitrogen. Tentunya dengan kadar nitrogen yang berbeda - beda pula. Oleh sebab itu perlu di ulas mengenai pupuk yang mengandung nitrogen agar menambah wawasan para pembaca blog Eta Farm.

Baca Juga : Mengenal Pupuk Urea dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Pupuk Yang Mengandung Nitrogen

Di pasaran terdapat beberapa jenis pupuk yang mengandung unsur nitrogen, berikut ini adalah beberapa jenis pupuk yang mengandung urea yang dapat kita peroleh di toko pertanian.

Urea

Urea merupakan pupuk yang paling umum kita jumpai di pasaran. Petani pada umumnya menggunakan urea untuk memenuhi kebutuhan unsur hara nitrogen tanaman. Pupuk urea di pasaran mengandung 46% Nitrogen. Artinya dalam 100 kg pupuk urea, terdapat 46 kg unsur hara nitrogen yang dapat diserap tanaman. 

Saat ini untuk produk pupuk urea yang tersedia di pasar merupakan produksi dalam negeri. Seperti Nitera produksi Pupuk Indonesia, Urea Petro produksi Petrokimia Gresik dan Urea Daun Buah produksi Pupuk Kaltim.

ZA

Pupuk ZA (Zwafelzuur Ammonium) merupakan jenis pupuk selanjutnya yang mengandung nitrogen. ZA mengandung nitrogen sebesar 21% dari total berat pupuk. Selalun mengandung unsur nitrogen, pupuk ZA juga membawa unsur Sulfur yang juga berguna dalam proses perkembangan tanaman. 

Pupuk ZA yang beredar saat ini hampir seluruhnya berasal dari negara China. Contoh merek pupuk ZA yang dapat dijumpai dipasaran adalah. ZA Mahkota, ZA Daun Sawit dan lainnya.


Diamonium Phosphate (DAP)

Diamonium Phosphate adalah pupuk yang mengandung unsur nitrogen dan juga fospat. Kandungan nitrogen dalam pupuk ini terbilang kecil, yaitu sebesar 18% dari total berat pupuk. Penggunaan pupuk ini sangat baik pada masa vegetatif tanaman, karena tanaman sangat membutuhkan unsur nitrogen dan fospat pada masa vegetatif. 

Pupuk ini umumnya di kenal dengan sebutan DAP dengan beberapa merek seperti DAP Petrokimia Gresik, Ultra DAP Pak Tani, DAP Daun Sawit dan sebagainya.

NPK

NPK Merupakan pupuk majemuk yang memiliki kandungan lengkap. Dalam satu karung pupuk NPK sudah terdapat semua unsur makro yang di butuhkan oleh tanaman. Penggunaan pupuk NPK di tujukan untuk keseimbangan asupan nutrisi dan kemudahan dalam aplikasi pupuk di lapangan. Artinya jika kita umumnya harus melakukan 2 hingga 3 kali aplikasi pupuk, dengan menggunakan NPK hanya perlu satu kali aplikasi saja. 

Saat ini varian pupuk NPK sangat banyak tersedia. Hal ini tergantung dari kandungan masing - masing unsur hara. Contoh pupuk NPK yang umum di kenal adalah NPK 16 16 16, dengan kandungan nitrogen 16%, phosphate 16% dan kalium 16%. Beberapa merek dagang pupuk NPK yang dapat di jumpai adalah NPK Mutiara, NPK Yaramila, NPK Mahkota, NPK Daun Sawit dan lainnya.

Baca Juga : Sudah Tau Kalau Air Hujan Mengadung Nitrogen?

Tentunya kebutuhan pupuk tambahan sangat di perlukan oleh tanaman. Karena tanah tidak selalu mampu menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Oleh karena itu perlu diberikan pupuk dengan dosis dan takaran yang sesuai. Penggunaan pupuk secara berlebihan tentunya tidak baik bagi tanaman maupun lingkungan, sehingga perlu pemahanan yang cukup dalam prakteknya.

Sekian ulasan mengenai mengenal jenis pupuk yang mengandung nitrogen. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis Pupuk Yang Mengandung Nitrogen"