Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudah Tau Kalau Air Hujan Mengadung Nitrogen?

etafarm.com - Sudah Tau Kalau Air Hujan Mengadung Nitrogen? Hallo sobat Eta Farm. Akhir-akhir ini sebagian wilayah Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan, tentu ini merupakan masa dimana petani akan memasuki musim tanam. Air hujan merupakan karunia dari Tuhan yang tidak ternilai harganya. Tanpa adanya hujan, dapat di bayangkan seberapa besar sumber daya yang akan di butuhkan untuk mengairi lahan pertanian. Apa sobat etabaca sudah tau kalau nitrogen yang di butuhkan oleh tanaman, tenyata  sudah tersedia dalam air hujan yang turun ke bumi? Yuk kita ulas mengenai hal ini.

Baca Juga : Manfaat Pupuk Borat Bagi Tanaman Kelapa Sawit

Nitrogen Dalam Udara Bebas

Perlu di ketahui bahwa hampir 78% penyusun udara yang kita hirup adalah nitrogen. Nitrogen di udara bebas masih dalam bentuk unsur yang tidak bisa di serap oleh tanaman, sedangkan tanaman baru bisa menyerap nitrogen apabila nitrogen sudah berada dalam bentuk senyawa. Seperti nitrat, asam amino, dll.

Nitrogen merupakan unsur yang cukup sulit bergabung dengan unsur lainnya, karena memiliki ikatan ion yang cukup kuat dengan ion nitrogen lainnya. Nitrogen sangat berlimpah di udara, namun tidak ada tanaman yang dapat menyerap langsung dari udara bebas.

Siklus Nitrogen

Seperti yang sudah di jelaskan, bahwa nitrogen perlu diubah wujudnya supaya dapat diserap oleh tanaman. Siklus nitrogen adalah proses perubahan unsur nitrogen menjadi senyawa, perubahan tersebut dapat terjadi secara biologi maupun kimiawi.

Nitrogen dalam air hujan berbentuk senyawa yang disebut nitrat (NO3). Senyawa ini berasal dari proses fiksasi oleh petir, di mana petir memecah ikatan molekul nitrogen (N2) di atmosfer. Proses ini memungkinkan nitrogren bereaksi dengan oksigen membentuk senyawa nitrat. Kemudia senyawa nitrat ini akan turun bersamaan dengan air hujan yang turun ke bumi.

Nitrat inilah sumber hara yang dapat di serap oleh tanaman, oleh sebab itu setelah hujan turun tumbuhan akan tampak lebih subur karena unsur nitrogen sudah diserap oleh tanaman.

Baca Juga : Ini Cara Pengguaan Pupuk Paten Untuk Tanaman Jagung Supaya Hasil Melimpah

Walaupun unsur nitrogen berlimpah di alam. Namun tumbuhan belum dapat menyerapnya secara langsung. Perlu adanya siklus nitrogen yang mengubah unsur nitrogen menjadi senyawa nitrat dengan bantuan petir, sehingga tanaman dapat menyerap unsur tersebut.

Sekian ulasan mengenai nitrogen dalam air hujan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Sudah Tau Kalau Air Hujan Mengadung Nitrogen?"