Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Pupuk Urea dan Manfaatnya Bagi Tanaman

etafarm.com - Mengenal Pupuk Urea dan Manfaatnya Bagi Tanaman. Pupuk merupakan komponen penting dalam industri pertanian. Kebutuhan akan pupuk saat ini terus meningkat, mengingat bertambahnya luasan lahan pertanian yang saat ini diusahakan. Urea merupakan salah satu pupuk utama dalam kegiatan budidaya tanaman. Kali ini kita akan membahas mengenai pupuk urea dan manfaatnya bagi tanaman.

Baca Juga : Pupuk Indonesia Menerapkan Kios Digitalisasi Untuk Menghindari Penyelewengan

Apa Itu Urea

Urea merupakan salah satu jenis pupuk yang menyediakan unsur nitrogen bagi tanaman. Urea memiliki kandungan nitrogen sebesar 46%. Urea diproduksi dari reaksi antara amonia (NH3) dengan karbon dioksida (C02) dalam suatu proses kimia menjadi urea padat dalam bentuk prill (ukuran 1-3,35mm) dan granul (ukuran 2-4,75mm).

Manfaat Urea Bagi Tanaman

Kandungan nitrogen dalam pupuk urea sangat berguna bagi tanaman, khususnya dalam masa vegetatif tanaman.

Melansir laman pertanian.go.id berikut ini beberapa manfaat pupuk urea bagi tanaman.

  1. Urea dapat membuat daun tanaman menjadi lebih hijau dan segar, serta meningkatkan zat hijau daun (chlorophyl). klorofil memiliki peranan cukup penting dalam proses fotosintesa tanaman.
  2. Urea berperan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman akan lebih cepat tinggi, jumlah anakan menjadi banyak dan memiliki percabangan yang banyak.
  3. Pupuk urea dapat meningkatkan kandungan protein dalam tanaman.
  4. Pupuk urea cocok untuk semua jenis tanaman, mulai dari tanaman pangan, holtikultura, dan perkebunan.

Cara Aplikasi Pupuk Urea

Sifat mudah menguap dari pupuk urea dapat menyebabkan tingkat penyerapan pupuk menjadi rendah. Hal ini dapat menyebabkan kerugian bagi petani, mengingat harga pupuk saat ini cukup tinggi. berikut tips yang dapat digunakan untuk mengaplikasikan pupuk urea pada tanaman.

Waktu Pengaplikasian

Suhu yang tinggi dapat menguapkan pupuk urea menjadi amonia. Waktu terbaik untuk mengaplikasikan urea adalah pagi hari dan sore hari, saat suhu tidak sepanas siang hari. Sebaiknya urea jangan diaplikasikan pada musim kemarau, karena pada saat itu suhu udara cukup tinggi, sehingga penyerapan tanaman akan sangat rendah.

Dosis

Dosis pupuk urea secara umum tergantung dari jenis tanaman yang dibudidayakan, oleh sebab itu pahami dosis penggunaan yang tepat terhadap agar penggunaan pupuk urea tidak berlebihan

Penggunaan pupuk urea yang berlebihan bagi tanaman dapat menyebabkan kerugian bagi petani. Kadar nitrogen yang tinggi dalam tanah dapat menyebabkan tanaman menjadi keracunan dan dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman. Selain itu urea dapat menyebabkan tanam menjadi masam apabila digunakan dalam jumlah yang besar, sehingga perlu diimbangi dengan pengaplikasian dolomit.

Baca Juga : Sudah Tau Kalau Air Hujan Mengadung Nitrogen?

Urea memang sangat penting bagi tanaman, namun kita juga harus bijak dalam menggunakannya. Penggunaan secara berlebihan akan menimbulkan kerugian bagi petani. Sehingga perlu adanya peningkatan pemahaman mengenai penggunaan pupuk urea. 

Sekian ulasan mengenai pupuk urea dan manfaatnya bagi tanaman. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat


Posting Komentar untuk "Mengenal Pupuk Urea dan Manfaatnya Bagi Tanaman"