Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Nitrogen Pada Tanaman Yang Wajib Kamu Ketahui

etafarm.com - Fungsi Nitrogen Pada Tanaman Yang Wajib Kamu Ketahui. Nitrogen adalah salah satu unsur hara yang sangat di butuhkan oleh tanaman terutama dalam fase vegetatif. Tanaman membutuhkan unsur nitrogen dalam jumlah yang cukup besar untuk dapat bertumbuh dengan optimal. Yuk kita simak manfaat nitrogen bagi tanaman pada ulasan di bawah ini.

Baca Juga : Memahami Fungsi Pupuk KCL Bagi Tanaman Kelapa Sawit

Apa Itu Nitrogen?

Nitrogen adalah unsur yang sudah terdapat di alam pada udara bebeas. Perlu di pahami bahwa hampir 78% penyusun udara adalah nitrogen. Unsur nitrogen di udara masih dalam bentuk yang tidak bisa diserap langsung oleh tanaman, sehingga perlu adanya rekayasa baik itu secara alami oleh alam maupun secara buatan dengan bantuan manusia.

Nitrogen merupakan satu dari tiga unsur hara makro yang sangat di butuhkan oleh tanaman. Oleh sebab itu kekuranan nitrogen dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Nitrogen umumnya diperoleh tanaman dari air hujan maupun dari pupuk kimia yang di tebar di sekitar tanaman.

Fungsi Nitrogen

Pembentukan Protein

Nitrogen adalah bahan utama dalam proses pembentukan protein tanaman. Nitrogen yang di serap oleh tanaman akan mengalami proses asimilasi yang menghasilkan asam amino yang kemudian di proses menjadi protein dan enzim yang berguna bagi tanaman.

Berperan Dalam Fase Vegetatif

Fase vegetatif adalah fase pertumbuhan tanaman yang membutuhkan banyak unsur nitrogen. Proses ini termasuk pada proses pembentukan daun, pemanjangan akar dan penebalan dinding sel yang terjadi selama fase vegetatif. Ketersediaan hara nitrogen dalam fase ini perlu di perhatikan agar tanaman dapat berkembang dengan optimal.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tanaman

Nitrogen selain berguna bagi pertumbuhan, juga berguna dalam menjaga sistem kekebalan tanaman. Tanaman membutuhkan nitrogen untuk membentuk enzim - enzim yang berguna melindungi diri dari serangan hama dan penyakit.

Meningkatkan Produktivtias

Tanaman yang menghasilkan buah/biji tentunya membutuhkan unsur nitrogen untuk dapat berproduksi dengan baik. Hal ini perlu di perhatikan apabila kita ingin memaksimalkan hasil dari tanaman. Pemberian pupuk dengan unsur nitrogen sangat di perlukan untuk memperoleh hasil melimpah.

Baca Juga : Manfaat Pupuk Borat Bagi Tanaman Kelapa Sawit

Nitrogen adalah unsur yang sangat di butuhkan oleh tanaman dalam semua semua fase, baik itu vegetatif maupun generatif. Oleh sebab itu perlu pemahaman yang cukup tentang fungsi nitrogen bagi tanaman agar tanaman yang di budidayakan dapat berkembang dengan baik dan tentunya memberikan hasil yang memuaskan. 

Demikian ulasan mengenai fungsi nitrogen bagi tanaman. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Fungsi Nitrogen Pada Tanaman Yang Wajib Kamu Ketahui"