Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Pupuk Urea Internasional Sudah Turun Hingga 66%

etafarm.com - Harga Pupuk Urea Internasional Sudah Turun Hingga 66%. Pupuk urea adalah pupuk yang paling di butuhkan dalam proses pertumbuhan tanaman. Dalam beberapa tahun belakangan ini terjadi peningkatan harga pupuk urea di pasar internasional, tentu ini berdampak langsung pada harga pupuk urea di toko pertanian. Kenaikan harga yang signifikan belakangan ini membuat petani menjadi terbebani mengingat tidak di imbangi dengan kenaikan harga jual hasil panen. Yuk kita simak ulasan mengenai penurunan harga pupuk internasional dibawah ini.

Baca Juga : Mengenal Pupuk Urea dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Harga Urea Internasional

Berdasarkan data dari Bank Dunia (World Bank), tren harga pupuk urea mengalami penurunan yang signifikan dalam satu tahun belakangan ini. Berdasarkan data pada mulai Januari 2020 - April 2023, rata - rata harga acuan pupuk urea mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah, yaitu US 925/ton. Harga ini jika di konversikan ke dalam Rupiah, setara dengan Rp 14,48 juta/ton (Kurs dollar : Rp 14.627 per USD).

Namun kini harga pupuk global sudah turun secara signifikan. Berdasarkan data per April 2023 harga pupuk urea internasional sudah berada pada angka USD 313,38/ton, setara dengan Rp 4,58 juta/ton (Kurs dollar : Rp 14.627 per USD). Penurunan ini tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti terjadi peningkatan stok pupuk pada negara produsen urea. Pembukaan kembali larangan ekspor urea oleh China dan menurunnya ekskalasi konflik Rusia dan Ukraina.

Berikut ini terlampir data harga rata - rata pupuk urea pada perdagangan internasional pada periode Januari 2020 - April 2023.

Baca Juga : Mengenal Jenis Pupuk Yang Mengandung Nitrogen

Dinamika harga pupuk urea sangat di pengaruhi oleh banyak faktor yang mempengaruhi. Kondisi geopolitik negara produsen dan peningkatan permintaan urea yang tidak diimbangi oleh peningkatan stok, tentunya akan mengangkat harga pupuk urea. 

Sekian ulasan mengenai harga pupuk urea internasioal yang sudah turun hingga 66% dalam setahun terakhir. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Harga Pupuk Urea Internasional Sudah Turun Hingga 66%"