Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Keunggulan Menggunakan Pupuk Organik Pada Cabai


 etafarm.com - Ini Dia Keunggulan Menggunakan Pupuk Organik Pada Cabai. Tanaman cabai memerlukan unsur hara untuk dapat bertumbuh dan menghasilkan buah yang berkualitas. Pupuk organik adalah jenis pupuk yang dapat menyediakan unsur hara bagi tanaman cabai, selain itu pupuk organik juga baik untuk kesehatan tanah. Di bawah ini kita akan membahas mengenai keunggulan penggunaan pupuk organik pada cabai, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Manfaat Pemberian Abu Jangkos Bagi Tanaman Kelapa Sawit

Apa Itu Pupuk Organik

Pupuk orgnaik adalah pupuk yang berasal dari proses pembusukan tanaman maupun hewan yang sudah melalui proses tertentu sehingga memiliki manfaat bagi tanaman.

Penggunaan pupuk organik saat ini banyak di galakkan karena akan dapat menyehatkan tanah yang sudah mulai rusak akibat penggunaan pupuk kimia secara terus - menerus. Selain itu hasil tanaman yang menggunakan pupuk organik di percaya memiliki kualitas yang lebih baik di badingkan dengan pupuk kimia. Tentu ini akan berdampak pada meningkatknya harga jual hasil pertanian di pasar.

Jenis - Jenis Pupuk Organik

Pupuk organik sendiri dapat di bedakan dari sumber bahan baku dan bentuknya, berikut ini adalah beberapa jenis pupuk organik yang umum kita jumpai :

1. Pupuk Kandang

Pupuk kandang adalah jenis pupuk organik yang paling banyak di gunakan saat ini. Ini tidak terlepas dari banyaknya bahan baku yang tersedia untuk membuat pupuk ini. Pupuk kandang adalah pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan ternak seperti sapi, kambing, ayam bebek dan hewan ternak lainnya.

Banyak yang mempercayai bahwa pupuk kandan sangat baik untuk di gunakan sebagai pupuk tanaman, karena pupuk ini mengandung unsur hara yang lengkap. Seperti nitrogen, fosfor, kalium, natrium, besi, tembaga dan kalsium.

2. Pupuk Kompos

Pupuk kompos adalah pupuk yang dihasilkan dari proses penguraian sisa - sisa tumbuhan. Proses pengomposan/penguraian biasanya menggunakan bantuan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur.

3. Pupuk Organik Cair

Selain dalam bentuk padat yang umum kita temui, pupuk organik juga dapat kita jumpai dalam bentuk cair. Pupuk organik jenis ini biasanya berasal dari urin hewan ternak yang di percaya memiliki kandungan unsur hara yang bermanfaat bagi tanaman.

Manfaat Penggunaan Pupuk Organik Pada Cabai

Seperti halnya pupuk pada umumnya, pupuk organik juga akan menyediakan unsur hara yang di butuhkan oleh tanaman cabai yang kita tanam. Berikut ini adalah beberapa manfaat penggunaan pupuk organik pada tanaman cabai

  1. Menyediakan nutrisi seimbang
  2. Meningkatkan kandungan gizi pada buah cabai
  3. Meningkatkan kualitas cabai
  4. Mengembalikan kesehatan tanah yang sudah menurun akibat penggunaan pupuk kimia

Cara Pengaplikasian Pupuk Organik Pada Cabai

1. Pada Saat Persiapan Lahan

Karena memiliki sifat yang dapat meningkatkan kesuburan tanah, pupuk organik dapat di berikan pada saat persiapa lahan. Tujuannya adalah pupuk organik akan menyuburkan lahan dan menyediakan unsur hara yang di butuhkan tanaman cabai.

Sebaiknya pupuk organik yang sudah di tebar di lahan di diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 2 - 4 minggu hingga pupuk organik menyatu dengan tanah dengan baik.

2. Pada Saat Pertumbuhan Tanaman

Pupuk organik dengan kandungan harga yang tinggi dapat di aplikasikan pada saat masa pertumbuhan tanaman, pada masa ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan pupuk agar nantinya tanaman cabai dapat menghasilkan buah yang berkualitas.

Penggunaan pupuk organik cair lebih di rekomendasikan pada masa pertumbuhan tanaman cabai. Pupuk organik cair memiliki reaksi yang lebih cepat jika di bandingkan dengan pupuk organik padat.

Baca Juga : Memahami Fungsi Pupuk KCL Bagi Tanaman Kelapa Sawit

Pengguaan pupuk organik dewasa ini merupakan sebuah keuntungan bagi petani, selain tidak memerlukan biaya yang besar, hasil dari tanaman juga akan memiliki kualitas yang lebih baik jika di bandingkan dengan pupuk kimia. Sudah saatnya kita mulai memaksimalkan potensi dari pupuk organik ini bagi kesejahteraan petani dan kesehatan manusia yang mengonsumsi hasil pertanian.

Demikian ulasan mengenai keunggulan pupuk organik pada tanaman cabai. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Keunggulan Menggunakan Pupuk Organik Pada Cabai"