Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Adas Sebagai Rempah Yang Berkhasiat


 etafarm.com - Tanaman Adas Sebagai Rempah Yang Berkhasiat
. Adas adalah tanaman rempah yang banyak memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya dapat di gunakan menjadi bahan baku obat - obatan tradisional. Kali ini kita akan mengulas mengenai tanaman adas, mari simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Ini Dia Keunggulan Menggunakan Pupuk Organik Pada Cabai

Apa Itu Adas

Adas adalah tanaman yang berasal dari suku apiaceae (adas - adasan). Tanaman adas telah lama di kenal sebagai tanaman yang dapat di manfaatkan sebagai bumbu dan bahan baku obat.

Adas memiliki bau yang harum karena kandungan senyawa yang terdapat pada tanaman ini. Tanaman ini dapa tumbuh berkisar 50 - 200 cm, berwarna hijau terang dan memiliki batang yang lurus. Tanaman adas dapat di ambil minyaknya dengan cara menyuling serbuk buah adas yang telah tua.

Lingkungan Tumbuh

Tanaman adas dapat tumbuh mulai dari dataran rendah hingga ke dataran tinggi (10 - 1.800 mdpl), namun tanaman ini akan tumbuh dengan lebih baik pada dataran tinggi. Ada berasal dari daerah Laut Tengah Timur Italia.

Di Indonesia saat ini banyak petani mulai membudidayakan tanaman adas. Sebagai contoh di Pulau Jawa, adas di tanam pada daerah dengan ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan air laut.

Tanaman adas akan tumbuh subur pada daerah dengan suhu yang sejuk. Untuk mendukung pertumbuhannya, tanaman ini membutuhkan curah hujan berkisar 2.500 - 3.000 mm/tahun. 

Kandungan Adas

Adas mengandung minyak esensial, asam lemak, tanin, flavonoid, saponin dan senyawa lainnya yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Minyak esensial merupakan produk yang paling banyak di hasilkan dari tanaman ini.

Berikut ini kandungan kimia dari minyak esensial adas : 

  • Oleum foenuculi
  • Anetik
  • Fenkon
  • Pinen
  • Liminen
  • Felandren
  • Asam anisat

Khasiat Tanaman Adas

Berkat manfaat yang di berikan, kini tanaman ada mulai banyak di budidayakan secara komersial untuk di gunakan baik itu sebagai bahan rempah maupun sebagai bahan baku dalam pembuatan obat - obatan.

Berikut ini beberapa khasiat adas bagi kesehatan : 

  1. Melancarkan sistem pencernaan
  2. Menjaga kesehatan jantung
  3. Meningkatkan aktivitas otak
  4. Membantu melancarkan produksi ASI
  5. Mengurangi gejala menstruasi
  6. Mencegah Kanker

Tanaman adas adalah tanaman rempah yang memiliki khasiat bagi kesehatan manusia. Tidak heran kini banyak petani yang mulai membudidayakan tanaman ini, karena memiliki nilai ekonomis. Penggunaan adas tidak hanya tertutup sebagai bahan rempah, kini sudah mulai banyak yang memanfaatkan tanaman adas untuk di ambil minyak esensial yang dapat di gunakan sebagai bahan baku obat - obatan.

Demikian ulasan mengenaik tanaman adas. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Tanaman Adas Sebagai Rempah Yang Berkhasiat"