Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jerami Padi Bisa Menjadi Alternatif Mulsa Loh. Yuk Cek Infonya

etafarm.com - Jerami Padi Bisa Menjadi Alternatif Mulsa Loh.. Yuk Cek Infonya. Mulsa adalah media yang umum di gunakan sebagai penutup tanah yang terbuat dari bahan plastik. Penggunaan mulsa ini dapat mengontrol pertumbuhan gulma yang dapat menjadi pesaing dari tanaman yang kita tanam. Dengan menggunakan mulsa dapat di pastikan daerah yang tertutup mulsa tidak akan tumbuh gulma. Selain itu mulsa juga dapat mengontrol kelembaban tanah, kelembaban tanah ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman.

Baca Juga : Ternyata Olahan Jerami Bisa Menjadi Sumber Cuan Loh

Pemanfaatan Jerami

Saat ini harga mulsa plastik cukup mahal di pasaran. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi petani yang memiliki dana terbatas. Di sinilah jerami padi muncul sebagai alternatif bagi petani yang mebutuhkan mulsa. 

Jerami padi ketersediaannya cukup banyak di daerah yang memiliki lahan sawah, namun saat ini masih kurang pemanfaatannya karena dianggap sebagai bahan yang tidak memiliki manfaat. Sehingga kebanyakan petani langsung membakar jerami hasil panen di lahan mereka.

Berikut cara pemanfaatan jerami sebagai mulsa :

  1. Siapkan jerami sesuai dengan luasan lahan.
  2. Tata jerami serapi mungkin, usahakan ketebalan lapisan jerami tidak terlalu tipis agar cahaya tidak dapat masuk, namun tidak terlalu tebal, karena akan menjadi sarang jamur.
  3. Lakukan penanaman tanaman yang ingin di budidayakan dengan cara membuka lapisan jerami yang telah di susun.

Jerami padi bukan tidak memiliki kelemahan, Penggunaan jerami pada tanaman cabai dapat menyebabkan tanaman cabai terserah jamur patogen, karena mulsa dapat menjadi tempat berkembangnya jamur. Namun kita tidak perlu khawatir, penggunaan agen hayati Trichoderma dapat mencegah berkembang biaknya jamur pada jerami. Lakukan pengocoran jamur trichoderma seminggu sekali untuk mencegah tanaman cabai terserang jamur patogen.

Baca Juga : Mengenal Arachis Pintoi Sebagai Tanaman Penutup Tanah

Demikian ulasan singkat mengenai potensi pemanfaatan jerami padi sebagai mulsa. Penggunaan mulsa jerami ini perlu dilakukan secara bijak agar tidak menimbulkan kerugian. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Jerami Padi Bisa Menjadi Alternatif Mulsa Loh. Yuk Cek Infonya"