Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Olahan Jerami Bisa Menjadi Sumber Cuan Loh

etafarm.com - Ternyata Olahan Jerami Bisa Menjadi Sumber Cuan Loh. Jerami merupakan limbah sisa dari proses pemanenan padi. Karena jumlahnya yang cukup banyak, pada umumnya petani akan membakar jerami sisa panen di lahan. Namun kini  jerami juga bisa menghasil cuan jika di olah terlebih dahulu. Berikut beberapa hasil olahan jerami yang dapat menjadi sumber cuan bagi petani.

Baca Juga : Akar Wangi Si Pencegah Longsor dan Minyaknya Bernilai Tinggi

Pakan Ternak

Jerami memiliki beberapa nutrisi yang penting bagi ternak , seperti karbohidrat, protein, serat, dll. Penggunaan jerami bagi pakan ternak perlu dilakukan pengolahan dengan teknik amonisasi. Teknik ini dapat meningkatkan kadar karbohidrat dan memecah dinding sel jerami sehingga jerami lebih mudah di konsumsi oleh ternak.

Kompos

Jerami adalah bahan organik yang berguna bagi tanaman. Untuk menjadi pupuk kompos, jerami terlebih dahulu harus di fermentasi. Proses fermentasi jerami ini membutuhkan mikroorganisme pengurai untuk mengubah jerami menjadi kompos yang siap untuk digunakan.

Kerajinan

Jerami juga bisa menjadi benda yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Contoh kerajinan jerami yang dapat di buat antara lain tas, keranjang, vas bunga, alas piring dan lain sebagainya. Tentunya hasil kerajinan jerami ini bisa menghasilkan cuan.

Kertas

Serat dalam jerami dapat di olah menjadi kertas. Pemanfaatan jerami menjadi kertas saat ini merupakan peluang yang menjanjikan, mengingat penggunaan kayu sebagai bahan baku kertas saat ini dinilai kurang ramah lingkungan.

Baca Juga : Apa Itu Pupuk Organik? Yuk Cek Disini Infonya

Jerami ternyata bisa menjadi sumber penghasilan. Daripada membakar jerami lebih baik diolah terlebih dahuluuntuk mendapat nilai tambah.

Sekian ulasan singkat tentang olahan jerami yang bisa memberikan cuan. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ternyata Olahan Jerami Bisa Menjadi Sumber Cuan Loh"