Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudah Tau Kalau Sorgum Bisa Menjadi Alternatif Pengganti Beras?

etafarm.com - Sudah Tau Kalau Sorgum Bisa Menjadi Alternatif Pengganti Beras?. Sorgum adalah salah satu tanaman pangan yang dapat tumbuh dengan baik pada lahan kering dan kesuburan tanah yang rendah. Mengingat saat ini banyak daerah di Indonesia yang memiliki irigasi yang kurang memadai sehingga penanaman padi cukup sulit untuk di lakukan. Penasaran seperti apa tanaman sorgum ini? yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Ternyata Olahan Jerami Bisa Menjadi Sumber Cuan Loh

Apa Itu Sorgum?

Sorgum adalah tanaman tanaman yang berkerabat dengan tanaman padi dan jagung. Tanaman ini tergolong tanaman serealia yang berasal dari Afrika. Sorgum sudah sejak lama di kenal sebagai tanaman pangan yang dapat di budidayakan pada lahan kering, inilah yang menjadikan sorgum sangat cocok di tanam pada tanah yang tidak bisa di tanami padi. 

Sorgum memilki daya adaptasi yang sangat baik, sehingga kini tanaman ini sudah tersebar hingga ke berbagai negara di dunia. Saat ini Amerika, China dan Argentina merupakan produsen utama sorgum dunia.

Biji sorgum memiliki bentuk mirip dengan biji jagung, namun dengan ukuran lebih kecil serta berwarna putih ke coklatan. Biji sorgum dapat diolah menjadi bubur sorgum, tepung dan lainnya.

Karakteristik Tanaman Sorgum

Tanaman sorgum memiliki peragaan batang hampir mirip dengan tanaman jagung, namun dengan beberapa ciri unik yang di milikinya, berikut beberapa ciri khusus tanaman sorgum yang perlu kamu ketahui :

  • Dapat tumbuh hingga mencapai 3 meter
  • Batangnya tidak berkambium
  • Daun sorgum berbentuk memanjang seperti jagun namun lebih tebal
  • Biji sorgum berbentuk bentuk bulat dan berwarna putih kecoklatan
  • Setiap pohon memiliki satu tangkai buah dan kemudia berkembang menjadi cabang - cabang buah

Komposisi Gizi Biji Sorgum

Biji sorgum memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dari sumber pangan biji - bijian lainnya seperti gandung, beras dan jagung. Sorgum memiliki beberapa mikronutrien seperti mineral, vitamin dan antioksidan yang menjadikan tanaman ini layak di jadikan sebagai bahan pangan yang sehat.

Melansir Hello Sehat, berikut komposisi gizi biji sorgum per 100 gram berat biji :

Energi : 366 Kalori

Protein : 11 gr

Karbohidrat : 73 gr

Lemak : 3,3 gr

Serat : 1,2 gr

Vit B1 : 0,09 mg

Vit B2 : 0,14 mg

Vit B3 : 2,3 mg

Zat Besi : 4,4 mg

Fosfor : 287 mg

Kalium 249 mg

Baca Juga : Akar Wangi Si Pencegah Longsor dan Minyaknya Bernilai Tinggi

Mengingat saat ini Indonesia masih kekurangan pasokan beras di dalam negeri. Tentunya sorgum dapat menjadi alternatif terbaik untuk mengisi kekurangan pasokan beras dalam negeri. Hal ini tentunya akan sangat berdampak baik bagi negara, karena akan mengurangi impor beras yang selama ini selalu di lakukan. Pemilihan sorgum bukan tanpa alasan, selain dapat tumbuh pada lahan kering dan kurang subur. Sorgum juga memiliki kandungan nutri yang cukup lengkap bagi tubuh. 

Demikian ulasan singkat mengenai tanaman sorgum yang bisa di jadikan alternatif perngganti beras. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Sudah Tau Kalau Sorgum Bisa Menjadi Alternatif Pengganti Beras?"