Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saffron, Rempah Yang Lebih Mahal Dari Emas


etafarm.com - Saffron, Rempah Yang Lebih Mahal Dari Emas.
Sudah tau belum bahwa ada rempah yang yang memiliki harga fantastis hinga puluhan juta rupiah per kilonya? Ya itu adalah bunga saffron. Kuma - kuma atau yang umum di kenal dengan bunga saffron adalah rempah - rempah yang berasal dari tanaman Crocus Sativus. Rempah ini menjadi berharga berkat manfaat yang di milikinya bagi kesehatan dan juga kecantikan. Selain itu bunga saffron juga banyak di manfaatkan sebagai bahan masakan, rempah ini akan memberikan cita rasa yang khas dan warna yang menarik pada masakan.

Baca Juga : Sudah Tau Kalau Sorgum Bisa Menjadi Alternatif Pengganti Beras?

Klasifikasi Tanaman Saffron

Berikut ini klasifikasi lengkap tanaman saffron.

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Liliopsida

Ordo : Asparagales

Famili : Iridaceae

Genus : Crocus

Species : Crocus Sativus

Asal

Bunga saffron telah di budidayakan sejak ribuan tahun yang lalu. Saffron yang dapat kita jumpai saat ini adalah spesies yang telah bermutasi dari spesies Crocus cartwrightianus. Crocus sativus adalah spesies yang muncul pada akhir zaman perunggu di pulau kreta, Yunani. Sebagai akibat dari proses seleksi yang di lakukan oleh petani bunga saffron.

Dalam catatan sejarah, tanaman saffron ini sudah di catat mulai pada abad ke - 7 SM. Mulai dari saat itu banyak catatan sejarah yang mencatat tanaman saffron ini memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan hingga saat ini.

Habibat Tumbuh

Kuma - kuma hanya dapat tumbuh subur pada daerah dengan iklim mediterania. Iklim ini merupakan iklim yang cocok untuk tanaman saffron, Dengan kondisi angin musim panas dan kering melewati tanah semi kering. Tanaman saffron dapat bertahan dalam musim dingin dengan suhu hingga -10 derajat Celcius.

Tanaman saffron membutuhkan curah hujan yang cukup dalam pertumbuhannya agar dapat menghasilkan bunga yang banyak. Pada daerah yang memilki curah hujan dibawah 2.000 mm per tahun perlu di buat saluran irigasi untuk mengairi tanaman ini. Saffron memerlukan banyak sinar matahari dan menghendaki tanah yang gembur serta subur sebagai tempat bertumbuh.

Manfaat Bunga Saffron

Bunga Safron memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Ini terjadi berkat beragam kandungan gizi dan senyawa baik yang di kandung tanaman ini. Melansir lama halosehat.com, bunga saffron memiliki kandugan seperti protein, lemak, serat, energi, mineral dan vitamin. 

Selain itu bunga saffron juga memiliki senyawa kimia yang menjadikan tanaman ini memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan, senyawa itu adalah crocin, kaemprefol dan safranal.

Berikut ini daftar manfaat dari mengonsumsi bunga saffron.

  1. Antioksidan
  2. Meringankan gejala depresi
  3. Melawan kanker
  4. Meringankan gejala PMS
  5. Mengurangi berat badan
  6. Mengurangi penyakit jantung dan diabetes
  7. Menjaga kesehatan mata.
  8. Mencerahkan dan melembabkan kulit wajah
  9. Meningkatkan daya ingat bagi pendertia Alzheimer

Harga Bunga Saffron

Bunga saffron yang telah di keringkan memiliki rentang harga dari Rp 7 juta hingga Rp 70 juta setiap 500 gram, sesuai dengan kualitas bunga. Beberapa hal yang menyebabkan rempah bunga saffron ini memiliki harga fantastis adalah. Proses panen dilakukan secara manual tanpa menggunakan mesin, tumbuh hanya pada lingkungan yang spesifik dan mengandung zat - zat penting yang berguna bagi kesehatan.

Baca Juga : Ternyata Olahan Jerami Bisa Menjadi Sumber Cuan Loh

Mengingat sulitnya proses produksi mulai dari tempat tumbuh yang khusus dan proses panen yang rumit, sangat wajar bunga saffron ini memiliki harga selangit. Belum lagi manfaat yang dapat kita peroleh dari mengonsumsi tanaman ini. 

Demikian ulasan tentang tanaman saffron yang memiliki harga fantastis. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Saffron, Rempah Yang Lebih Mahal Dari Emas"