Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Contoh Bahan Pangan Nabati

etafarm.com - Pengertian dan Contoh Bahan Pangan Nabati. Bahan pangan adalah sumber makanan bagi kelangsungan hidup manusia. Di alam terdapat dua jenis bahan pangan, yaitu bahan pangan nabati dan hewani. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai bahan pangan yang bersumber dari nabati, penasaran seperti apa bahan pangan nabati? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Saffron, Rempah Yang Lebih Mahal Dari Emas

Pengertian Bahan Pangan Nabati

Bahan pangan nabati ialah bahan pangan yang bersumber dari tumbuh - tumbuhan yang dapat di konsumsi oleh manusia. Tumbuh - tumbuhan menyediakan nutrisi yang di perlukan oleh manusia untuk dapat hidup. Contoh nutrisi yang dapat di peroleh dari tanaman adalah vitamin, serat, mineral, karbohidrat dan protein. Bahan pangan nabati dapat langsung di konsumsi oleh manusia atau melalui proses pengolahan terlebih dahulu.

Jenis Bahan Pangan Nabati

Pangan nabati dapat di kategorikan menjadi dua jenis berdasarkan pengelompokan tanamannya, yautu bahan pangan yang berasal dari tanaman pangan dan hortikultura.

1. Tanaman Pangan

Bahan pangan yang bersasal dari tanaman pangan kaya akan karbohidrat yang merupakan sumber tenaga bagi manusia untuk melakukan aktivitas sehari - hari. Pangan dari sumber ini mengambil porsi yang besar dalam komposisi makanan sehari - hari. Jenis tanaman pangan yang dapat di manfaatkan sebagai sumber pangan adalah, serealia, umbi - umbian dan kacang - kacangan.

2. Tanaman Hortikultura

Jenis tanaman hortikultura adalah tanaman yang di gunakan sebagai pelengkap bahan pangan, ciri dari tanaman hortikultura adalah, mudah busuk, memerlukan penyimpanan yang baik dan panen secara musimam. Tanaman hortikultura menyediakan serat, mineral dan vitamin yang berguna bagi kehidupan manusia. Jenis tanaman hortikultura yang dapat konsumsi sebagai bahan pangan adalah sayur - sayuran dan buah - buahan.

Contoh Bahan Pangan Nabati

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari bahan pangan nabati :

1. Serealia

Tanaman Serealia adalah bahan yang di hasilkan oleh tanaman yang menghasilkan biji. Serealia merupakan sumber utama karbohidrat bagi manusia, selain itu serealia juga mengandung protein, serat, mineral dan vitamin. Contoh tanaman serealia adalah beras, gandung, jagung dan sorgum.

2. Kacang - Kacangan

Bahan pangan kacang - kacangan banyak mengandung protein, serat dan vitamin. Tanaman kacang - kacangan menghasilkan biji relatif lebih besar dari serealia. Contoh bahan pangan dari tanaman kacang - kacangan adalah kedelai, kacang hijau, kacang tanah dan  almond.

3. Umbi - Umbian

Jenis tanaman umbi - umbian dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan dengan mengambil umbi/akar yang berada di dalam tanah. Umbi - umbian menyediakan karbohidrat yang sehat bagi manusia, selain itu umbi - umbian juga kaya akan serat, mineral dan vitamin. Contoh bahan pangan yang dapat kita konsumsi adalah singkong, keladi, ubi jalar dan kentang.

4. Sayuran

Sayur - sayuran adalah bahan pelengkap dalam pangan nabati, karena sayur di konsumsi tidak dalam jumlah yang besar dalam porsi menu makanan. Sayur banyak mengandung vitamin, mineral dan serat yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Berikut contoh bahan pangan nabati dari sayur - sayuran. Sawi, bayam, kangkung, selada, buncis, kubis dan mentimun.

5. Buah - Buahan

Buah di kenal sebagai sumber vitamin yang baik bagi tubuh, selain itu buah - buahan juga menyediakan serat dan mineral yang dibutuhkan bagi kelangsungan hidup manusia. Contoh buah - buahan yang dapat di konsumsi adalah, mangga, apel, nenas, pisang, jeruk, alpukat dan semangka.

Manfaat Bahan Pangan Nabati

Bahan pangan nabati memainkan peran penting bagi kelangsungan hidup manusia. Sumber utama karbohidrat di konsumsi manusia saat ini adalah berasal dari bahan nabati. Selain itu protein di butuhkan oleh tubuh untuk membentuk jaringan otot, menghasilkan hormon dan enzim dapat di peroleh dari bahan pangan nabati.

Keuntungan Mengonsumsi Bahan Pangan Nabati

Bahan pangan yang berasal dari bahan nabati apabila di olah dan di konsumsi secara benar akan memberikan manfaat yang nyata bagi tubuh. Ini dia beberapa keuntungan mengonsumsi bahan pangan nabati.

  1. Berat badan menjadi lebih stabil
  2. Menjadikan tubuh lebih sehat
  3. Dapat meningkatkan performa tubuh pada aktivitas berat
  4. Mencegah munculnya penyakit kronis seperti, diabetes, kolesterol dan kanker
  5. Sebagai bahan pangan rendah lemak

Baca Juga : Sudah Tau Kalau Sorgum Bisa Menjadi Alternatif Pengganti Beras?

Bahan pangan yang bersumber dari bahan nabati sangat di butuhkan oleh manusia. Beragam manfaat yang dapat dirasakan dari mengonsumsi bahan pangan nabati, tetapi tetap perlu diperhatikan mengenai cara pengolahan dan jumlah makanan yang di konsumsi agar tidak menimbulkan efek negatif bagi tubuh. 

Demikian ulasan mengenai sumber pangan dari bahan nabati. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Bahan Pangan Nabati"