Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Trichoderma Dan Manfaatnya Bagi Tanaman

etafarm.com - Mengenal Trichoderma Dan Manfaatnya Bagi Tanaman. Bagi masyarakat umum trichoderma mungkin terdengar asing. Namun apabila di terangkan lebih lanjut bahwa trichoderma adalah kelompok jamur/fungi, barulah ada gambaran sedikit mengenai trichoderma ini. Sudah pernah mendengar jamur trichoderma? Jika belum mari simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Bahan Pangan Nabati

Apa Itu Trichoderma?

Jamur Trichoderma sp. adalah mikroorganisme tanah yang memiliki sifat yang secara alami menyerang jamur patogen pada tanah. Trichoderma dapat dengan cepat berkembang biak pada daerah perakaran tanaman. Karena sifat antagonis terhadap jamur patogen, jamur ini banyak digunakan oleh petani.

Trichoderma tergolong dalam kelas ascomycetes yang memiliki spora berwarna hijau. Jamur ini memiliki kemampuan untuk mendekomposisi berbagai macam substrat di dalam tanah dan juga dapat memproduksi enzim untuk perbaikan nutrisi bagi tanaman. Jamur ini dapat hidup secara optimal pada lingkungan dengan suhu berkisar antara 15-30 derajat celcius.

Trichoderma umum dijumpai pada perakaran bambu, hal ini karena sistem perakaran bambu sangat baik untuk perkembangan jamur ini. Trichoderma cukup mudah untuk di isolasi, memiliki daya adaptasi luas dan memiliki kemampuan menyerang jamur patogen tanah.

Jamur trichoderma sendiri terbagi menjadi beberapa spesies. Namun spesies yang umum digunakan sebagai agen hayati adalah Trichoderma harzanium, Trichoderma koningii dan trichoderma viridae.

Manfaat Trichoderma Bagi Tanaman

Kemampuan jamur trichoderma untuk mengendalikan patogen tular tanah menjadikan jamur ini banyak di budidayakan. Jenis jamur patogen yang dapat di kendalikan oleh trichoderma adalah fusarium sp, ganoderma sp, sclerotinia sp, pythium sp dan rhizoctonia sp.

Trichoderma bekerja sebagai mikroparasit dan antubiosis bagi patogen. Selain itu trichoderma berperan sebagai kompetitor wilayah dan juga membatasi sumber makanan bagi jamur patogen, dimana hal ini dapat menyebabkan jamur patogen menjadi lemah.

Trichoderma juga mampu meningkatkan hasil panen dari tanaman, karena dapat memproduksi enzim yang berguna bagi proses perkembangan tanaman. Sehingga jamu ini banyak di budidayakan pada berbagai jenis komoditas pertanian.

Baca Juga : Akar Wangi Si Pencegah Longsor dan Minyaknya Bernilai Tinggi

Jamur trichoderma adalah jamur yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tanaman serta mampu membantu proses pertumbuhan tanaman. Perlu pengaplikasian jamur ini secara rutin di lahan pertanian maupun perkebunan untuk memperoleh manfaat secara maksimal. 

Demikian ulasan mengenai jamur trichoderma dan manfaatnya bagi tanaman.Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Mengenal Trichoderma Dan Manfaatnya Bagi Tanaman"