Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Arachis Pintoi Sebagai Tanaman Penutup Tanah

etafarm.com - Mengenal Arachis Pintoi Sebagai Tanaman Penutup Tanah. Gulma yang tumbuh liar di kebun maupun pekarangan memang sangat menggangu, sehingga kita perlu melakukan pengendalian, baik secara manual maupun secara kimia. Keberadaan gulma di areal pertanian dapat mempengaruhi hasil produksi tanaman, karena beberapa gulma dapat menyerap nutrisi yang terkandung dalam tanah.

Salah satu cara yang dapat dicoba untuk menekan keberadaan gulma adalah dengan menanam archis pintoi. Arachis pintoi ini merupakan kelompok tanaman polong-polongan. Tanaman ini berasal dari Brazil. Di Indonesia tanaman ini di introduksi dari singapura oleh beberapa pengusaha lapangan golf, namun saat ini arachis pintoi sudah menyebar di berbagai tempat di Indonesia.

Baca Juga : Mengenal Trichoderma Dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Karakterisik

Arachis Pintoi merupakan tanaman tahunan yang tumbuh rendah. Batang tanaman ini akan menjalar di tanah menbentuk pola anyaman yang kokoh. Akar tanaman ini akan keluar dari batang yang menyentuh tanah serta memiliki dua pasang helai daun pada setiap tangkainya. Karena karakteristik batangnya yang menjalar di atas tanah, banyak orang yang menanam tanaman ini sebagai tanaman penutup tanah.

Cara Perbanyakan

Perbanyakan tanaman ini dapat melalui biji, stek dan stolon. Namun metode yang paling umum adalah menggunakan stek batang, caranya adalah mengambil batang arachis pintoi yang sudah memiliki akar lalu menanamnya di tanah. 

Pada masa awal penanaman tanaman ini membutuhkan penyiraman yang rutin agar dapat berkembang secara optimal. Diperlukan waktu 3-6 bulan untuk tanaman ini dapat menutup dengan sempurna, namun hal ini tergantung dari kondisi lingkungan dan jarak tanam.

Manfaat Arachis Pintoi

1. Menghambat Pertumbuhan Gulma

Karena memiliki sifat yang menjalar, arachis pintoi ini sangat cocok untuk menghambat pertumbuhan gulma pengganggu. Arachis pintoi akan menutup seluruh permukaan tanah dengan batangnya sehingga tanaman lain tidak memiliki ruang untuk tumbuh.

2. Mencegah Terjadinya Erosi

Pada lahan yang rawan terjadi erosi dapat dilakukan penamanan arachih pintoi, karena tanaman ini memiliki akar yang cukup rapat sehingga dapat mengikat partikel tanah. Daya tutup tanaman ini juga berperan dalam mengurangi daya rusak tanah akibat hujan. Sehingga tanaman ini sangat cocok untuk mencegah terjadinya erosi.

3. Sebagai Pakan Ternak

Tanaman arachis pintoi dapat di manfaatkan sebagai pakan alternatif bagi ternak. Daun dan batang arachis pintoi memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang berguna bagi ternak. Belakangan ini sudah mulai banyak peternak yang memanfaatkan arachis pintoi ini, khusus nya sebagai pakai ternak sapi dan kambing.

Baca Juga : Ini Dia Keunggulan Sawit PPKS 540 Yang Wajib Kamu Ketahui

Demikian ulasan singkat mengenai tanaman arachis pintoi serta manfaatnya. Mari kita mulai memanfaatkan tanaman ini di pekarangan kita sebagai upaya mengurangi penggunaan bahan kimia pada lingkungan kita. Terimakasih telah membaca, semoga bermafaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Arachis Pintoi Sebagai Tanaman Penutup Tanah"