Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Alpukat Hass Yang Sedang Naik Daun

etafarm.com - Mengenal Alpukat Hass Yang Sedang Naik Daun. Kali ini kita akan coba mengulas mengenai salah satu jenis alpukat yang sedang naik daun di pasar buah premium. Alpukat ini adalah alpukat Hass yang harganya bisa lebih dari 100 rb di supermarket. Penasaran dengan alpukat satu ini, yuk kita ulas darimana sih alpukat hass ini.

Baca Juga : Ini Dia Keunggulan Sawit PPKS 540 Yang Wajib Kamu Ketahui

Awal Di Temukan

Melansir dari wikipedia, alpukat hass ditemukan pada 1926 di California, Amerika Serikat. Sang penemu alpukat ini adalah seorang pekerja kantor pos bernama Rudolph Hass, sehingga ia menamai alpukat ini dengan nama Hass Avocado.

Awalnya ia menanam alpukat jenis Fuerte, yang saat itu sangat terkenal di California. Beberapa kali ia mencoba untuk memperbanyak alpukat fuerte dengan cara mencangkok, namun usahanya sia - sia karena hasil cangkokannya tidak tumbuh.

Hingga pada suatu ketika ia mendapat bibit dari rekannya dan mencoba menananm di kebunnya. Hasilnya dari beberapa bibit yang ia beli, ada satu pohon yang tumbuh subur. Ia kembali mencoba mencangkok pohon alpukat tersebut untuk mengetahui seperti apa rasa buahnya, namun usaha Rudolph Hass kembali gagal.

Hingga ia berniat untuk menebang pohon tersebut karena merasa frustrasi, namun salah seorang kawannya menyarankan agar ia menunggu sampai pohon tersebut berbuah.

Berbuah Untuk Pertama Kali

Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya pohon alpukat tersebut mengeluarkan buah. Namun ia merasa kecewa dengan ukuran dan bentuk kulit dari alpukat tersebut. Tetapi keluarganya sangat suka dengan rasa alpukat tersebut, cikal bakal alpukat hass tersebut memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang sangat pulen. Begitu juga rekan kerjanya sangat suka dengan rasa alpukat milik Rudolph.

Tidak lama alpukat hass menjadi cukup populer di daerahnya. Hingga pada tahun 1935 Rudolph Hass mematenkan pohon indukan alpukat miliknya dengan nama "Hass". Dari hak paten tersebut ia mendapatkan bagian sebesar 25% dari penjualatan bibit.

Budidaya Alpukat Hass

Dengan rasa yang lezat dan tekstur yang pulen, alpukat ini tentunya memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan lengkap. Sehingga dapat di masukkan kedalam menu diet sehat. Saat ini harga alpukat hass di supermarket bisa berada diatas 100 rb, ini di karenakan alpukat hass yang ada di Indonesia masih di impor dari australia. Tentu ini merupakan peluang bagi pekebun lokal untuk mencoba membudidayakan alpukat hass ini.

Baca Juga : Cara Mengendalikan Penyakit Bulai Pada Tanaman Jagung

Demikian bahasan singkat mengenai alpukat hass yang sedang naik daun di pasar alpukat nasional. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Alpukat Hass Yang Sedang Naik Daun"