Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Tanaman Pucuk Merah yang Jarang Di Ketahui

etafarm.com - Manfaat Tanaman Pucuk Merah yang Jarang Di Ketahui. Kita mungkin sering melihat tanaman pucuk merah ini bukan?. Ya tanaman ini di namai pucuk merah karena memiliki pucuk muda yang berwarna merah, kemudian berangsur-angsur berubah menjadi hijau tua apabila daun sudah menjadi tua. Tanaman ini banyak dijumpai di ruang-ruang publik serta pinggir jalan. Berkat manfaat yang di berikan tanaman ini, sekarang sudah banyak orang mulai menanam tanaman pucuk merah ini. Yuk kita ulas mengenai tanaman ini.

Baca Juga : Mengenal Arachis Pintoi Sebagai Tanaman Penutup Tanah

Karakter Pucuk Merah

Pucuk merah adalah tumbuhan yang masuk kedalam keluarga tanaman perdu dengan nama ilmiah (Syzygium myrtifolium). Tanaman pucuk merah merupakan tanaman asli Benua Asia dan tersebar di hampir seluruh wilayah asia, seperti Bangladesh, Thailand, Semenanjung Malaya, Indonesia, Malaysia, Philipina dan Myanmar.

Pohon pucuk merah memiliki akar tunggang yang kuat, sehingga mampu menopang batang pohon pucuk merah. Batangnya berkambium dan berbentuk bulat. Pucuk merah dapat tumbuh lebih dari 5 meter apabila di tanam pada tanah yang subur. Pucuk merah memiliki daun yang berwarna merah saat masih muda, dan berubah menjadi hijau apabila sudah tua.

Manfaat Pucuk Merah

Tentunya dengan karakter yang dimiliki, pucuk merah memiliki beberapa manfaat yang berguna bagi manusia maupun lingkungan. Berikut beberapa manfaat tanaman pucuk merah.

1. Sebagai Tanaman Penyerap Karbon

Berdasarkan beberapa studi yang telah di lakukan, tanaman pucuk merah dapat menyerap karbon dioksida lebih banyak dari tanaman lainnya. Ini tentunya sangat berguna untuk mengurangi polusi udara yang saat ini sudah dalam kondisi cukup berat. Penanaman pohon pucuk merah ini di pinggir jalan raya tentunya akan dapat mengurangi dampak pencemaran udara yang berasal dari kendaraan

2. Mencegah Terjadinya Erosi

Akar pucuk merah tergolong ke dalam akar tunggang, dimana akar ini akan menancap kedalam tanah. Hal ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya erosi tanah, yang mana lama kelamaan dapat menyebabkan longsor. Penanaman tanaman ini pada daerah yang berpotensi mengalami longsor sangat dapat membantu mengurangi potensi terjadinya bencana.

3. Memberikan Kesan Indah

Daun muda yang berwarna merah memberikan kesan indah saat di pandang mata. Oleh karena itu tanaman ini juga sangat cocok untuk di jadikan tanaman hias. Tanaman pucuk merah ini juga cukup mudah di bentuk seusai dengan keinginan kita. Pemangkasan yang rutin dapat membuat pohon pucuk merah rajin mengeluarkan tunas-tunas muda, sehingga pohon akan selalu kelihatan indah.

Baca Juga : Mengenal Trichoderma Dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Berkat manfaat yang di berikan, pucuk merah merupakan tanaman yang layak kamu tanam di pekarangan rumah, pinggir jalan maupun daerah rawan longsor. Mari mulai menanam tanaman pucuk merah untuk menjadikan lingkungan kita menjadi lebih baik lagi. 

Sekian ulasan singkat mengenai manfaat tanaman pucuk merah. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Manfaat Tanaman Pucuk Merah yang Jarang Di Ketahui"