Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akar Wangi Si Pencegah Longsor dan Minyaknya Bernilai Tinggi


etafarm.com -  Akar Wangi Si Pencegah Longsor dan Minyaknya Bernilai Tinggi
. Hallo sobat setia etabaca. Tanaman akar wangi adalah tanaman yang sekilas lalu hampir mirip dengan tanaman rumput liar yang umumnya kita jumpai. Namun siapa sangka tanaman ini ternyata memiliki banyak manfaat dan mengandung minyak yang beraroma wangi. Kini banyak orang yang mulai menanam akar wangi ini baik itu yang bertujuan untuk konservasi lahan maupun untuk di ambil minyaknya. Jadi seperti apa sih tanaman akar wangi ini? yuk kita simak ulasan berikut ini.

Klasifikasi Tanaman Akar Wangi

Akar wangi tergolong ke dalam keluarga poaceae atau suku padi - padian. Ciri utama dari keluarga poacae adalah batangnya yang beruas - ruas. Berikut ini adalah klasifikasi lengkap tanaman akar wangi :

Kerajaan : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Liliopsida

Ordo : Poales

Famili : Poaceae

Genus : Vetiveria

Species : Vetiveria Zizanioides

Morfologi Tanaman Akar Wangi

Morfologi Akar

Akar adalah hal utama dalam tanaman akar wangi. Tanaman akar wangi memiliki akar serabut yang tumbuh menghujam lurus ke dalam tanah. Akar tanaman akar wangi dapat tumbuh hingga kedalam 3 - 4 meter ke dalam tanah. Sifat inilah yang menjadikan akar wangi sangat cocok sebagai tanaman konservasi untuk mencegah longor pada daerah - daerah rawan terjadi longsor.

Morfologi Batang

Akar wangi memiliki batang berwarna putih dan memiliki banyak ruas pada batang utama. Tanaman ini dapat tumbuh hingga hampir 2 meter dari permukaan tanah. Sifat tanaman yang memilki daun rimbun akan berguna untuk menutup permukaan tanah, sehingga efektif untuk mencegah erosi akibat pengikisan air hujan.

Morfologi Daun

Tanaman ini memiliki bentuk daung yang khas dan mudah untuk di kenali. Akar wangi memiliki daun yang bebentuk sempit dan ujung daun berbentuk runcing seperti jarum.

Manfaat Akar Wangi

Tanaman akar wangi memiliki banyak manfaat bagi lingkungan maupun bagi kesehatan. Berikut penjelasan singkat mengenai manfaat dari akar wangi :

Pengendali Longsor

Manfaat yang paling di gaungkan oleh pemerintah saat ini mengenai akar wangi adalah kemampuan tanaman ini untuk mencegah longsor. Akar tanaman ini dapat tumbuh hingga 4 meter kedalam tanah, ini sangat kuat untuk menahan pergerakan tanah. Tanaman ini sangat efektif untuk di tanam pada areal - areal kritis yang berpotensi terjadinya longsor.

Penyaring Air Tanah

Akar serabut tanaman ini sangat berguna untuk menyaring polutan pada tanah. Hal ini dapat menjadikan air yang masuk ke dalam tanah akan menjadi lebih bersih.

Bahan Baku Bumbu Masakan

Tanaman ini dapat di manfaatkan sebagai bahan rempah dalam pembuatan bumbu beberapa hidangan masakan. Masakah khas Asia Selatan banyak memanfaatkan tanaman ini sebagai bahan rempahnya. Akar wangi dapat memberikan aroma dan citarasa yang khas pada hidangan makanan. Contoh masakan yang menggunakan akar wangi adalah briyani, dan beberapa hidangan kari.

Bahan baku Pembuatan Parfum

Aroma dari minyak yang di ekstrak dari akar wangi memiliki aroma yang khas. Tentunya berkat aroma wangi yang di miliki, tanaman ini banyak di gunakan  dalam proses pembuatan parfum.

Pengobatan Tradisional

Minyak esensisal yang di ekstrak dari tanaman ini dapat digunakan sebagai minyak dalam pengobatan tradisional. Manfaat yang bisa kita rasakan apabila menggunakan minyak ini pada badan adalah mampu mengurangi badan pegal. Aroma khas dari minyak ini juga dapat meredakan stress dan mampu mengurangi gejala sulit tidur.

Nilai Ekonomi Minyak Akar Wangi

Tanaman akar wangi dapat diekstrak akarnya untuk memperoleh minyak esensial yang beraroma wangi. Saat ini sudah mulai banyak petani yang membudidayakan tanaman ini karena nilai ekonomis yang di milikinya.

Nuryana, salah satu petani yang membudidayakan akar wangi asal Garut mengaku dapat memperoleh Rp 25 juta sekali panen dalam keadaan mentah dari lahan seluas setengah hektar.

Saat ini produk minyak esensial akar wangi banyak di ekspor ke luar negeri. Negara Eropa, Singapura, Jepang, India dan Hongkong, banyak membeli minyak ini dari Indonesia. Para petani umumnya menjual minyak akar wangi yang telah di ekstrak dengan rentang harga Rp 2.5 - 3.5 juta per liternya.

Akar wangi adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi lingkungan maupun bagi manusia. Sudah saatnya kita mulai menggalakkan penanaman akar wangi ini pada daerah - daerah rawan erosi dan longsor . Minyak dari tanaman ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi sehingga kita dapat membudidayakan akar wangi dalam skala komersil. Sekian ulasan mengenai tanaman akar wangi yang memiliki beragam manfaat. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Akar Wangi Si Pencegah Longsor dan Minyaknya Bernilai Tinggi"