Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Musim Mas Rilis 4 Varietas Kelapa Sawit Baru Guna Genjot Produksi TBS


etafarm.com - Musim Mas Rilis 4 Varietas Kelapa Sawit Baru Guna Genjot Produksi TBS.
Musim Mas secara resmi meluncurkan 4 varietas kelapa sawit yang akan melengkapi varietas - varietas kelapa sawit yang telah ada saat ini. Peningkatan produktivitas adalah sebuah fokus utama dalam proses budidaya kelapa sawit, sehingga penggunaan bahan tanam unggul adalah sebuah kewajiban dalam pelaksanaannya. Penasaran dengan varietas kelapa sawit yang baru saja di rilis oleh Musim Mas ini? Mari simak informasinya di bawah ini.

Baca Juga : Ini Dia Varietas Sawit Pelepah Pendek Dari PPKS

Sekilas Tentang Musim Mas

Musim Mas adalah nama sebuah group perusahaan yang bergerak dalam bidang kelapa sawit. Perusahaan ini terintegrasi dengan operasional perusahaan yang tersebar di 13 negara Asia-Pasifik, Eropa dan Amerika. Kegiatan operasional group Musim Mas ini berpusat di Indonesia, yang mencakup kegiatan usaha budidaya hingga penyulingan minyak kelapa sawit. Melalui tenaga kerja yang profesional, Musim Mas terus berupaya melakukan pengembangan yang inovatif serta berkelanjutan.

Sebagai salah satu pemain utama dalam industri kelapa sawit Indonesia, Musim Mas Group berupaya mendorong era baru yang berkelanjutan di industri ini. Untuk itu, Musim Mas terus mengambil langkah aktif untuk melampaui standar keberlanjutan yang telah di tetapkan oleh industri dan akan terus melangkah dalam menanggapi masalah industri kelapa sawit dunia.

Apa Itu Kelapa Sawit Unggul?

Varietas unggul kelapa sawit adalah varietas sawit hasil dari persilangan antara Dura (Indukan Betina) dan Psifera (Indukan Jantan). Hasil dari persilangan ini akan menghasilkan jenis kelapa sawit Tenera yang mewarisi sifat unggul dari pohon induk.

Saat ini banyak balai benih yang sudah memproduksi benih sawit unggul, oleh sebab itu petani akan sangat di untungkan dari banyaknya balai benih yang mengeluarkan varietas sawit unggul.

Kelapa sawit unggul ini memiliki potensi produksi yang lebih baik di bandingkan dengan kelapa sawit yang berasal dari benih tidak jelas. Oleh sebab itu penggunaan benih unggul adalah kunci utama dalam kesuksesan usaha budidaya kelapa sawit.

Varietas Kelapa Sawit Musim Mas

Musim Mas secara resmi telah merilis empat varietas baru kelapa sawit yang telah di setujui oleh Tim Penilai Varietas (TPV) Tanaman Perkebunan dalam Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan Semester II tahun 2023. Keempar Varietas itu adalah Dxp Musim Mas GS1, Dxp Musim Mas GS2, Dxp Musim Mas GS3 dan Dxp Musim Mas GS4.

Varietas ini muncul berkat inovasi riset yang sudah dilakukan sejak tahun 2010 di salah satu perkebunan miliki Musim Mas di Riau. Tim peneliti perushaan melakukan percepatan pemuliaan benih kelapa sawit melalui proses Accelerated Breeding Program, yang mana telah berhasil menciptakan varietas unggul baru hanya dalam kurun waktu 12 tahun.

Varietas seri Musim Mas GS ini memiliki potensi produksi rata - rata pada 4 tahun masa panen awal mencapai 28 ton/ha/tahun dan CPO 8,8 ton/ha/tahun. Setelah melewati 4 tahun masa produksi awal, potensi panen bisa mencampai 34 ton/ha/tahun dan CPO 10,4 ton/ha/tahun.

Selain memiliki potensi produksi TBS yang tinggi, varietas Musim Mas GS ini sudah mulai berproduksi pada usia 25 bulan setelah tanam. Keempat varietas ini juga telah di lakukan uji penanaman di beberapa lokasi di Indonesia dengan kondisi dan curah hujan yang berbeda - beda.

Baca Juga : Ini Dia Keunggulan Sawit PPKS 540 Yang Wajib Kamu Ketahui

Musim Mas Group adaah salah satu pemimpin dana dunia industri kelapa sawit nasional telah merilis varietas kelapa sawit unggul untuk memenuhi tantangan peningkatan produksi dan efisiensi pengguaan lahan. Keempat varietas ini tentunya sudah cocok untuk di tanam di berbagai wilayah Indonesia, karena telah melalui riset panjang selama kurang lebih 12 tahun.

Demikian informasi mengenai varietas kelapa sawit baru dari Musim Mas. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Musim Mas Rilis 4 Varietas Kelapa Sawit Baru Guna Genjot Produksi TBS"