Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Varietas Sawit Pelepah Pendek Dari PPKS


etafarm.com - Ini Dia Varietas Sawit Pelepah Pendek Dari PPKS.
 Kelapa sawit saat ini merupakan komoditas yang penting dalam perdagangan dunia. Kelapa sawit menghasilkan CPO yang dapat di olah menjadi beragam produk turuan yang bermanfaat bagi kehidupan. PPKS selaku Badan Usaha Milik Negara yang di kenal sebagai pionir dalam menghasilkan bahan tanam yang unggul telah mengeluarkan varietas sawit yang memiliki pelepah pendek. Penasaran dengan varietas pelepah pendek dari PPKS?, yuk simak ulasan berikut ini.

Baca Juga : Ini Dia Keunggulan Sawit PPKS 540 Yang Wajib Kamu Ketahui

Kelapa Sawit Pelepah Pendek

Hingga saat ini belum ada teori yang mengklasifikasikan berapa panjang pelepah yang masuk ke dalam kategori pendek dan panjang. Namun berdasarkan data yang di himpun dari petani kelapa sawit, bahwa sawit disebut pelepah panjang apabila panjang pelepah lebih dari 6 meter dan sawit pelepah pendek memiliki panjang kurang dari 6 meter.

Varietas Pelepah Pendek PPKS

PPKS (Pusat Penelitian Kelapa Sawit) hingga saat ini telah mengeluarkan 9 varietas sawit unggulan yang sudah teruji adaptif di seluruh wilayah Indonesia. Dari antara semua varietas yang di keluarkan oleh PPKS terdapat 3 varietas saja yang memiliki panjang pelepah kurang dari 6 meter, yaitu DXP 540/NG, DXP Simalungun dan DXP Langkat. Berikut ini penjelasan singkat dari ketiga varietas tersebut

DXP 540

Kelapa sawit varietas 540 merupakan varietas hasil persilangan antara Dura Deli dengan Psifera turunan SP540T murni. DXP 540 memiliki karakteristik cepat berbuah(Quick Starter).

Panjang pelepah varietas DXP 540 adalah 5,5 m, dengan rekomendasi jarak tanam dari PPKS adalah 9 meter. Varietas ini mempunyai potensi TBS hinga 31 ton/ha/tahun.

DXP Simalungun

Varietas Simalungun adalah hasil dari proses pembenahan dan rekombinasi ulang dari indukan terbaik yang dimiliki oleh PPKS pada program pemuliaan Receptional Recurrent Selection (RRS) siklus pertama.

DXP Simalungun memiliki pelepah dengan panjang 5,5 m, dengan rekomendasi jarak antar pohon adalah 9 meter. Simalungun mempunyai potensi produksi TBS sebesar 33,7 ton/ha/tahun.

DXP Langkat

PPKS mengeluarkan varietas Langkat yang merupakan hasil rekombinasi dari indukan Psifera SP540T, Yangambi dan Marihat, sedangkan indukan betina adalah Dura Deli.

Varietas langkat mmeiliki panjang pelepah 5,3 m, dengan rekomendasi jarak tanam 8,5 - 9 meter. DXP Langkat dapat memproduksi TBS hingga 32,3 ton/ha/tahun, ini tidak lain berkat sifat yang di turunkan dari indukan - indukan terbaik PPKS.

Baca Juga : Mengenal Virgin Coconut Oil dan Cara Membuatnya

Pemilihan varietas merupakan faktor yang menentukan kesuksesan dalam berkebun kelapa sawit. Pahami kondisi dan karakteristik lahan yang akan di tanami kelapa sawit lalu tentukan varietas yang sesuai dengan lahan. 

Demikian ulasan singkat mengenai varietas kelapa sawit pelepah pendek yang di keluarkan oleh PPKS. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Varietas Sawit Pelepah Pendek Dari PPKS"