Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Virgin Coconut Oil dan Cara Membuatnya


etafarm.com - Mengenal Virgin Coconut Oil dan Cara Membuatnya.
 Kita pasti sering melihat produk virgin coconut oil saat berbelanja di swalayan bukan? virgin coconut oil belakangan ini sedang populer di masyarakat berkat beragam manfaat dari minyak ini bagi kesehatan dan kecantikan. Penasaran dengan virgin coconut oil? yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Sejarah Panjang Kelapa Sawit Indonesia

Apa Itu Virgin Coconut Oil?

Jika kita mengartikan virgin coconut oil secara harfiah adalah minyak kelapa murni. Virgin coconit oil adalah minyak yang di peroleh dari daging buah kelapa (Cocos nucifera L.) tua dan segar. Di proses dengan di peras dengan atau tanpa penambahan air. Minyak ini aman untuk di konsumsi manusia karena terbuat dari bahan alami tanpa bahan campuran kimia.

Manfaat

Minyak kelapa murni (VCO) merupakan minyak berbahan dasar kelapa yang diproses tanpa penambahan bahan kimia. Hal Ini menjadikan minyak kelapa murni memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Berikut beberapa manfaat VCO yang perlu kamu ketahui.

  1. Menutrisi Kulit
  2. Mengobati Candida
  3. Mencegah Penyakit Liver
  4. Menjadikan Rambut Lebih Sehat
  5. Melancarkan Pencernaan

Cara Membuat Virgin Coconut Oil

Secara umum, virgin coconut oil (VCO) adalah minyak nabati yang di ekstrak dari daging buah kelapa dengan proses yang di kendalikan sedemikian rupa agar temperatur dalam proses produksi tidak melebihi 60 derajat celcius. Minyak yang di hasilkan dari proses ini tidak boleh di murnikan secara kimiawi atau yang umum disebut dengan proses RBD (Refine, Bleach and Deodorize).

Beriku ini merupakan proses pembuatan VCO dengan metode basah dan metode kering.

Metode Basah

Metode ini bisa kita lakukan di rumah dengan menggunakan peralatan sederhana. Adapun langkahnya sebagai berikut :

  1. Siapkan parutan kelapa segar, buat santan encer dengan memeras parutan kelapa yang terlebih dahulu sudah ditambahkan air.
  2. Santan encer terlebih dahulu di kentalkan dengan cara di endapkan hingga santan kental berpisah dengan air.
  3. Pisahkan minyak dari santal kental dengan cara di fermentasi atau bisa juga menggunakan mesin sentrifugal.
  4. Pisahkan minyak VCO secara hati - hati agar air tidak ikut tercampur, lalu saring VCO dengan kertas kasa agar menjadi jernih.

Keunggulan metode ini adalah cara ini merupakan cara paling sederhana memproduksi VCO dan tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Kelemahan VCO dari metode basah adalah minyak yang di hasilkan memiliki kadar air yang cukup tinggi, sehingga minyak kelapa murni tidak memiliki daya simpan yang lama.

Metode Kering

Proses produksi VCO dengan metode kering memerlukan mesin dan peralatan khusus, ini menjadikan metode kering lebih cocok untuk di gunakan dalam produksi minyak skala besar. Berikut langkah - langka dalam proses produksi minyak dengan metode kering.

  1. Daging kelapa yang telah di parut di keringkan dalam oven hingga kadar air di bawah 5 %. Temperatur oven di atur di bawah 60 derajat celcius.
  2. Setelah kadar air 5 %, daging kelapa di peras dengan menggunakan mesin pemeras tekanan rendah.
  3. Hasil minyak dari pemerasan ini umumnya kerus sehingga perlu dilakukan penyaringan dengan menggunakan alat penyaring khusus untuk mendapatkan minyak kelapa yang jernih.

Keunggulan proses kering ini adalah minyak yang di hasilkan memiliki kadar air rendah (di bawah 1 %) sehingga minyak ini lebih tahan di simpan untuk waktu yang lama. Minyak yang dihasilkan lebih banyak di bandingkan dengan proses basah.

Kelaman dari metode ini adalah membutuhkan biaya yang cukup besar karena harus menggunakan peralatan khusus dalam proses produksi.

Baca Juga : Alpukat Red Vietnam Yang Terkenal Genjah

Minyak kelapa murni dapat diproses dengan metode basah dan kering. Beragam manfaat kesehatan dan kecantikan dari minyak ini menjadikan minyak kelapa murni kini memiliki nilai ekonomis dan dicari banyak orang. 

Demikian ulasan mengenai virgin coconut oil. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Virgin Coconut Oil dan Cara Membuatnya"