Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Fungisida Pencegah Blendok Pada Tanaman Jeruk

etafarm.com - Ini Fungisida Pencegah Blendok Pada Tanaman Jeruk. Fungisida adalah bahan yang di gunakan dalam mengendalikan jamur patogen yang merugikan bagi tanaman. Blendok/diploida merupakan salah satu contoh serangan jamur patogen yang menyerang tanaman jeruk. Berikut ini akan di bahas beberapa fungisida yang dapat di gunakan dalam pengendalian jamur penyebab blendok pada jeruk.

Baca Juga : Mengenal Penyakit Blendok Pada Tanaman Jeruk Dan Cara Pengendaliannya

Apa Itu Fungisida?

Fungisida adalah bahan yang di gunakan untuk menghambat dan mematikan jamur patogen penyebab penyakit pada tanaman. Fungisida di pasaran dapat berbentuk cairan, butiran, serbuk dan gas (sangat jarang di temukan).

Jamur patogen yang menyerang tanaman umumnya akan memunculkan tanda setelah memasuk tahap kritis, oleh sebab itu pemantauan dan pencegahan dengan menggunakan fungisida sangat penting untuk di lakukan agar tanaman terhindar dari penyakit yang di sebabkan oleh jamur patogen

Fungisida Untuk Mengendalikan Blendok

Fungisida yang dapat mengendalikan blendok pada tanaman jeruk memang cukup banyak tersedia di pasaran, namun di sini akan di bahas produk dari fungisida yang umum di gunakan dan mudah di temukan di pasaran. Berikut beberapa produk fungisida yang dapat di coba :

Nordox 56 WP

Nordox 56 WP mengandung unsur tembaga (Cu) sebagai bahan aktif. Tembaga oksida dapat menghambat perkembang biakan jamur patogen penyebab blendok pada tanaman jeruk

Fungisida ini dapat diaplikasikan dengan cara di semprotkan pada batang tanaman dan di oleskan pada batang utama tanaman jeruk.

Harga : Kemasan 500 gr Rp 90.000 - Rp 110.000

Ridomil Gold MZ 64 WG

Ridomil Gold merupakan fungisida yang bersifat protektif dengan bahan aktif 64% mankozeb dan 4% mfenoksam. Fungisida ini berbentuk butrian berwarna kuning kecoklatan yang dapat larut dalam air. 

Penyemprotan dapat di lakukan dengan dosis 1,5- 2,5 gram per liter air dengan tujuan pencegahan dan 2,5 - 5 gram per liter pada tanaman yang sudah mulai menunjukkan gejala serangan jamur patogen dengan interval 7 hari sekali.

Harga : Kemasan 500 gr Rp 110.000 - Rp 130.000

Dithane M-45 80 WP

Dithane M-45 adalah fungisida protektif berbentuk tepung dengan warna kuning kecoklatan dengan bahan aktif mankozeb sebesar 80%. 

Fungisida ini dapat mengendalikan jamur penyebab blendok pada tanaman jeruk. Penyemprotan dengan tujuan pencegahan dapat menggunakan dosis 1 - 2 gram per liter dan apabila sudah ada gejala dapat menggunakan dosis 3 - 5 gram per liter.

Harga : Kemasan 500 gr Rp 80.000 - Rp 100.000

Copcide 77 WP

Copcide merupakan fungisida yang bersifat protektif yang di keluarkan oleh PT. Tanindo Intertraco. Copcide 77 WP berbentuk tepung dengan warna biru yang bisa kita suspensikan dengan air

Copcide 77 WP memiliki bahan aktif tembaga yang khusus di formulasikan untuk menghambat dan membunuh jamur patogen yang merugikan tanaman.

Penggunaan untuk keperluan pencegahan jamur patogen bisa menggunakan dosis 3 - 4 gram per liter dan pada kasus tanaman yang sudah terserang penyemprotan dengan dosis 4 - 6 gram dengan interval 7 hari sekali.

Harga : Kemasan 400 gr Rp 90.000 - Rp 110.000

Baca Juga : Penyakit Karat Daung Jagung dan Cara Pengendaliannya

Jamur Patogen dapat menyerang tanaman kapan saja, menjaga kebersihan kebun dan pencegahan dengan menggunakan fungisida adalah cara terbaik mengendalikan penyebaran jamur penyebab blendok pada tanaman jeruk. 

Demikian ulasan singkat tentang fungisida yang dapat mengendalikan penyakit blendok pada jeruk. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ini Fungisida Pencegah Blendok Pada Tanaman Jeruk"