Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Penyakit Blendok Pada Tanaman Jeruk Dan Cara Pengendaliannya

etafarm.com - Mengenal Penyakit Blendok Pada Tanaman Jeruk Dan Cara Pengendaliannya. Blendok/diplodia adalah salah satu penyakit utama pada tanaman jeruk. Penyakit ini menyerang batang utama jeruk yang merupakan inti dari kehidupan tanaman jeruk. Sudah tau mengenai penyakit ini? Bagi yang belum tau yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Penyakit Karat Daung Jagung dan Cara Pengendaliannya

Apa itu Blendok?

Blendok atau diplodia adalah penyakit yang sangat di takuti oleh petani jeruk. Penyakit ini terjadi akibat serangan cendawan Botryiodiplodia theobromae. Jamur patogen ini sangat mudah berkembang pada lingkungan dengan suhu dan kelembapan tinggi.

Penyakit blendok dapat dengan mudah di identifikasi pada tanaman yang sudah terserang jamur patogen penyebab blendok. Ciri utama tanaman jeruk yang terkena adlaah batang tanaman akan mengeluarkan substansi seperti getah (gum/gumosis) yang berfungsi sebagai mekanisme pertahanan diri.

Diploida di lapangan dapat di kategorikan menjadi dua jenis, yaitu diploida basah dan diploida kering. Diploida basah memiliki ciri, yaitu batang, cabang serta ranting tanaman yang sudah terserang mengeluarkan blendok berwarna kuning keemasan. Pada stadium lanjut kulit tanaman yang terserang diploida basah akan terkelupas, sehingga menyebabkan kematian pada tanaman jeruk.

Sementara pada kasus di ploida kering gejala awal cukup sulit untuk diamati, karena pada kasus ini tidak ada blendok yang muncul pada batang tanaman. Namun pada kasus akhir gejala yang muncul sama seperti diploida basah yaitu kulit batang utama terkelupas lalu kemudian menjadi kering.

Pengendalian Blendok

Tanaman jeruk yang sudah terserang penyakit blendok harus segera di tangani karena jika tidak di tangani dengan tepat maka pohon jeruk akan mengering lalu kemudian mati. Berikut merupakan cara pengendalian penyakit blendok pada tanaman jeruk :

  • Menjaga kebersihan di sekitar tanaman jeruk. Pemangkasan rutin perlu di lakukan untuk memperlancar sirkulasi udara sehingga dapat menekan perkembangan jamur patogen penyebab blendok.
  • Menjaga kebersihan alat - alat yang di gunakan dalam proses budidaya jeruk. Tindakan sterilisasi alat pelu di lakukan dengan menggunakan alkohol 70% apabila sudah ada tanaman jeruk yang terserang blendok. Hal ini di lakukan agar penyakit tidak menyebar ke seluruh tanaman di dalam kebun
  • Mengoleskan batang utama dan cabang tanaman yang terkena penyakit dengan fungisida berbahan dasar tembaga (Cu) pada awal dan akhir musim penghujan untuk menekan penyebaran penyakit blendok

Baca Juga : Cara Mengendalikan Penyakit Bulai Pada Tanaman Jagung

Jamur patogen penyebab blendok memang sangat merugikan bagi petani yang sedang membudidayakan tanaman jeruk. Indentifikasi penyakit yang terlambat akan menyebabkan tanaman jeruk mengering lalu kemudian mati. Oleh sebab itu perlu di lakukan pencegahan dan pengamatan yang baik agar tanaman jeruk dapat terhindar dari serangan jamur penyebab blendok. 

demikian ulasan mengenai penyakit blendok pada tanaman jeruk. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Penyakit Blendok Pada Tanaman Jeruk Dan Cara Pengendaliannya"