Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Manfaat Pemberian Dolomit Pada Tanaman Kelapa Sawit


etafarm.com - Inilah Manfaat Pemberian Dolomit Pada Tanaman Kelapa Sawit
. Pemberian pupuk pada tanaman kelapa sawit tidak hanya semata untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman saja. Terdapat jenis pupuk yang selain memberikan nutrisi pada tanaman, juga dapat menetralkan pH tanah atau tingkat keasaman tanah. Pupuk yang di maksud adalah dolomit. Penasaran dengan manfaat pupuk ini bagi tanaman kelapa sawit? yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Update Harga Pupuk Bulan November 2023

Apa Itu Pupuk Dolomit?

Pupuk dolomit adalah pupuk yang berasal dari proses penghalusan batuan kapur yang memiliki kandungan Calsium dan Magnesium yang tinggi. Selain itu dolomit juga dapat di hasilkan pada pabrik pupuk ZA yang menggunakan bahan baku Fosfor gypsum, Amoniak (NH3) dan Karbon dioksida (CO2).

Pupuk dolomit memiliki karakteristik berbentuk tepung halus dengan warna bervariasi mulai dari putih hingga putih kecoklatan, warna ini tegantung dari sumber bahan baku yang digunakan.

Manfaat Penggunaan Pupuk Dolomit

Berikut ini beberapa manfaat penggunaan pupuk dolomit pada tanaman kelapa sawit :

1. Meningkatkan pH Tanah

Sudah menjadi hal yang lumrah terjadi saat ini bahwa budidaya tanaman kelapa sawit banyak di lakukan di lahan rawa gambut. Lahan rawa gambut ini memiliki sifat tanah yang cenderung asam karena sudah sejak lama terendam oleh air.

Tantangan budidaya kelapa pada areal ini adalah tingginya pH tanah yang mengakibatkan tanaman kelapa sawit tidak dapat menyerap nutrisi dari tanah secara maksimal. Oleh sebab itu pengguaan pupuk dolomit sangat penting pada tanaman kelapa sawit yang di budidayakan pada areal rawa gambut.

Tujuan penggunaan dolomit ini adalah untuk menaikkan pH tanah di sekitar batang pohon sawit, sehingga pada aplikasi pupuk selanjutnya tanaman kelapa sawit dapat menyerap nutrisi dari pupuk yang kita berikan.

2.  Meningkatkan Kesuburan Tanah

Karena pada dasarnya pupuk dolomit diproduksi dari batuan alam sehingga bisa di katakan pupuk ini merupakan pupuk organik. Pupuk dolomit dapat meningkatkan kesuburan tanah, dolomit bekerja dengan cara membuka rongga - rongga tanah sehingga tanah menjadi lebih gembur. Dampak nyatanya adalah akar tanaman sawit akan lebih mudah berkembang dan dapat menyerap nutrisi secara lebih optimal.

3. Sebagai Sumber Hara Magnesium Bagi Kelapa Sawit

Magnesium adalah unsur hara makro bagi tanaman kelapa sawit. Unsur hara ini di butuhkan kelapa sawit dalam jumlah yang cukup besar untuk dapat berproduksi dengan optimal.

Unsur hara Magnesium memiliki peran sebagai pemompa pergerakan unsur hara N, P dan K ke dalam akar melalui dinding sel akar dan juga berfungsi dalam proses pembentukan minyak pada biji kelapa sawit.

Dosis dan Cara Penggunaan Pupuk Dolomit

1. Dosis

Dosis pemberian pupuk dolomit yang di anjurkan oleh balai Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) adalah berkisar antara 2 - 2.5 kg/pohon/tahun.

Untuk lahan yang sering terkena banjir dosis dolomit dapat di tingkatkan menjadi 3 kg demi mengantisipasi naiknya pH tanah setelah banjir.

2. Cara Penggunaan

Cara penggunaan pupuk dolomit pada tanaman kelapa sawit sebenarnya cukup mudah untuk di lakukan. Pupuk ini dapat di aplikasikan meskipun pada musim kemarau karena pupuk ini tidak dapat menguap seperti pupuk kimia lainnya.

Cara pengaplikasian pupuk dolomit yang benar adalah dengan menabur pupuk ini secara melingkar dengan jarak 1,5 - 2 meter dari batang kelapa sawit, hal ini ditujukan supaya pH tanah di sekitar batang sawit akan meningkat dengan pemberikan pupuk dolomit.

Baca Juga : Manfaat Pupuk Borat Bagi Tanaman Kelapa Sawit

Masalah keasaman tanah karena melakukan budidaya kelapa sawit di areal rawa gambut dapat di atasi dengan penggunaan dolomit secara rutin. Untuk areal yang sering terkena banjir penggunaan dolomit dapat ditingkatkan dari dosis anjuran PPKS untuk menurunkan tingkat keasaman tanah.

Demikian ulasan mengenai manfaat pemberian dolomit pada tanaman kelapa sawit. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Inilah Manfaat Pemberian Dolomit Pada Tanaman Kelapa Sawit"