Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Kopi Luwak di Hasilkan?


etafarm.com - Bagaimana Kopi Luwak di Hasilkan?
. Kopi luwak adalah salah satu jenis kopi termahal di dunia. Dengan cita rasanya yang khas, tak heran kopi ini banyak di cari oleh penikmat kopi. Penasaran bagaimana kopi luwak di hasilkan? yuk simak ulasannya pada artikel di bawah ini.

Baca Juga : Komposisi Pakan Yang Ideal Bagi Kelinci Kesayangan Kamu

Mengenal Hewan Luwak

Luwak adalah hewan mamalia yang masuk kedalam suku musang. Hewan ini memiliki nama ilmiah Paradoxurus hermaphroditus. Luwak adalah hewan liar yang kerap ditemui di sekitar pemukiman yang masih terdapat hutan sebagai habitat aslinya.

Hewan ini memiliki kebiasaan untuk membuang kotorannya pada tempat - tempat yang kerap di singgahi. Pada kotoran luwak umum di jumpai biji - bijian yang di konsumsi, ini terjadi karena sistem pencernaan luwak tidak dapat memproses bahan yang keras secara sempurna sehingga biji pun keluar secara utuh melalui kotoran luwak.

Pada daerah yang memiliki populasi tanaman kopi, sangat umum di jumpai biji kopi pada kotoran luwak. Inilah yang menjadi bahan dalam pembuatan kopi luwak yang bernilai tinggi. Hewan luwak di percaya memilih biji kopi terbaik untuk di konsumsi sehingga kopi yang di peroleh dari kotoran hewan ini memiliki cita rasa yang nikmat.

Jenis Kopi Yang di Makan Hewan Luwak

Di Indonesia saat ini terdapat dua jenis kopi yang umum di temui. Kedua jenis kopi itu adalah Arabika dan Robusta.

Hewan luwak mengonsumsi kedua jenis kopi yang ada saat ini. Tidak ada yang membedakan sumber jenis kopi yang di konsumsi, yang menjadikan kopi luwak istimewa adalah karena biji kopi telah mengalami proses fermentasi pada pencernaan hewan luwak yang memberikan cita rasa khas dari kopi yang di hasilkan.

Cara Menghasilkan Kopi Luwak

Dengan semakin meningkatnya permintaan akan kopi luwak di pasaran, menjadikan kopi luwak yang di produksi secara liar menjadi sangat langka. Hingga saat ini para pelaku usaha kopi luwak mulai membudidayakan hewan luwak untuk dapat meningkatkan produksi kopi luwak.

Berikut ini langkah yang di lakukan untuk menghasilkan biji kopi luwak :

  1. Memilih biji kopi yang berkualitas prima sebagai bahan makanan hewan luwak
  2. Cuci hingga bersih biji kopi yang akan di berikan pada luwak
  3. Tunggu luwak memakan dan mengeluarkan feses dari biji kopi yang kita berikan
  4. Feses yang mengandung biji kopi di kumpulkan secara seksama dan di bersikan mengguanakan air bersih yang mengalir.
  5. Biji kopi yang telah bersih kemudian di jemut hingga kering.
  6. Biji kopi dari feses luwak masih harus di olah terlebih dahulu karena biji kopi masih memiliki lapisan tanduk.

Kontroversi Terkait Kopi Luwak

Karena di peroleh dari kotoran hewan luwak, banyak yang mempertanyakan mengenai kebersihan dan keamanan kopi ini jika di konsumsi oleh manusia. Selain itu masalah konservasi hewan juga banyak di jadikan bahan pembahasan bagi yang pro-kontra akan hal ini.

1. Keamanan Kopi

Kopi luwak merupakan hasil dari fermentasi yang terjadi pada sistem pencernaan hewan luwak. Ini menjadikan banyak orang beranggapan bahwa kopi luwak tidak aman di konsumsi karena di anggap kotor.

Berdasarkan beberapa penelitian yang di lakukan, di simpulkan bahwa keamanan dan kebersihan kopi luwak tergantung pada proses pengolahan biji luwak setelah biji di kumpulkan dari kotoran luwak. Proses yang dilakukan secara benar tentu akan menghasilkan kopi yang aman untuk di konsumsi oleh manusia

2. Kesejahteraan Hewan

Pada awalnya kopi luwak di peroleh dari kotoran luwak liar yang di kumpulkan pada tempat - tempat yang sering di singgahi oleh luwak. Namun kini karena meningkatnya permintaan akan kopi jenis ini menjadikan produksi kopi luwak secara liar tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar. Oleh sebab itu kini banyak hewan luwak yang di tangkap dari alam dan di berikan biji kopi dengan harapan mengahsilkan biji kopi luwak secara terus - menerus.

Baca Juga : Cara Memilih Daun Sirsak Sebagai Bahan Baku Obat Herbal

Kopi luwak dengan rasa dan cita rasa yang khas kini menjadi incaran banyak penikmat kopi di seluruh dunia. Karena produksinya yang terbatas di alam kini banyak pelakuk usaha kopi luwak mulai membudidayakan hewan luwak untuk dapat memenuhi permintaan pasar yang tinggi. Namun alangkah baiknya produksi biji kopi luwak tetap memerhatikan kesehateraan hewan luwak.

Demikan ulasan mengenai bagaimana kopi luwak di hasilkan. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Kopi Luwak di Hasilkan?"