Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Daun Sirsak Sebagai Bahan Baku Obat Herbal


etafarm.com - Cara Memilih Daun Sirsak Sebagai Bahan Baku Obat Herbal. Akhir - akhir ini ramai di perbincangkan mengenai manfaat daun sirsak sebagai obat alternatif penyakit kanker. Hal ini memang tidak ada salahnya, sebab pengobatan herbal adalah alternatif lain yang dapat di coba apabila obat dari dokter di rasa tidak menunjukkan perubahan berarti. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara memilih daun sirsak sebagai bahan baku obat herbal, mari simak ulasannya di bawah ini.\

Baca Juga : Mengenal Virgin Coconut Oil dan Cara Membuatnya

Apa Itu Obat Herbal?

Obat herbal adalah obat yang di proses dari bagan alami, baik yang bersumber dari tumbuhan, hewan dan mineral yang memiliki manfaat bagi kesehatan manusia.

Definisi obat herbal saat ini sering di campur adukkan dengan obat tradisional. Obat tradisional adalah obat yang juga memiliki bahan dasar dari tumbuhan, hewan dan mineral yang sudah di gunakan secara turun menurun. Dalam artian obat tradisional juga termasuk obat herbal, tetapi obat herbal belum tentu obat tradisional.

Anatomi Tanaman Sirsak

Sirsak (Annona mucirata L.) adalah tanaman asli Amerika Tengah. Penyebaran sirsak bisa sampai ke Indonesia adalah karena di bawa oleh bangsa Belanda. Tanaman ini dapat tumbuh pada dataran rendah hingga dataran tinggi dan dapat beradaptasi pada lingkungan yang beriklim kering hingga basah.

Buah sirsah memiliki bentuk bulat lonjong dengan duri halus yang tumbuh di sekeliling buah. Daging buah berwarna putih dengan tekstur lembut dengan rasa manis bercampur dengan sedikit rasa asam.

Selama ini masyarakat umumnya hanya memanfaatkan buah sirsak untuk di konsumsi karena rasanya yang lezat, namun beberapa tahun belakangan ini banyak industri obat herbal mulai memanfaatkan daun sirsak sebagai bahan baku pembuatan obat herbal.

Daun sirsak memiliki bentuk yang memanjang dengan ujung lancip. Permukaan daun mengkilap sedangkan bagian bawah daun cenderung lebih gelap. Daun sirsak memiliki warna hijau muda padas saat masih muda dan menjadi hijau pekat saat daun sudah tua.

Kandungan Zat Aktif Pada Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki sejumlah zat aktif yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa kandungan zat aktif yang dapat kita temui pada daun sirsak.

  • Flavonoid adalah antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Senyawa ini sangat banyak di manfaatkan dalam dunia obat - obatan, karena manfaatnya yang baik bagi kesehatan.
  • Acetogenin adalah zat yang di percaya mampu melawan sel kanker yang menyerang tubuh manusia. Senyawa ini bekerja dengan menyerang sel yang pertumbuhannya tidak normal, tidak seperti pengobatan kemoterapi pada umumnya yang juga akan menyerang sel - sel tubuh yang sehat
  • Steroid dalam dunia medis saat ini banyak di gunakan untuk membuat obat - obatan yang bersifat anabolik dan anti inflamasi.

Pemilihan Daun Sirsak

Daun sirsak yang baik di gunakan untuk bahan paku obat herbal adalah daun yang mulus, tidak ada kerusakan fisik pada daun dan bebas serangan hama penyakit.

Pilih daun yang memiliki warna hijau pekat, tetapi hindari daun yang kondisinya sudah terlalu tua. Apabila kita memilih daun yang terlalu tua untuk di jadikan obat, di khawatirkan kandungan zat aktif yang terkadung sudah menurun.

Cara yang di gunakan oleh banyak praktisi pengobatan dalam memilih daun sirsak adalah pada daun sirsak baris ke 4 - 6 dari pucuk daun. Posisi daun pada baris tersebut di percaya memiliki kandungan zat aktif tertinggi. Daun di petik menggunakan tangan hingga ke pangkalnya tanpa melukai batang sirsak.

Penanganan Daun Sirsak Pasca Petik

Pencucian

Daun yang sudah di petik segera di lakukan pencucian dengan menggunakan air bersih. Bersihkan permukaan daun dari kotoran yang menempel. Pada saat proses pencucian lakukan pula proses sortasi awal dengan memilih daun yang bagus dan yang cacat. Kemudian tiriskna daun yang sudah di cuci hingga kering,

Pelayuan

Daun yang sudah bersih kemudian di tempatkan pada wadah bersih pada ruangan yang terlindung dari panas matahari langsung. Proses ini dilakukan selama satu malam hingga daun terlihat layu.

Penjemuran

Setelah tahap pelayuan, kemudian jemur daun sirsak di bawah terik matahari. Pada kondisi terik proses penjemuran di lakukan selama satu hari, sedangkan apabila kondisi mendung proses penjemuran memerlukan waktu 2 hingga 3 hari.

Ciri daun yang sudah kering memiliki daun yang berwarna kecoklatan.

Penyortian dan Pengemasan

Daung yang telah kering kemudia di sortir kembali. Proses ini dilakukan untuk memastikan daun yang di gunakan sebagai bahan baku obat herbal adalah daung yang berkualitas baik.

Daun yang layak untuk di pilih adalah daun yang bebas dari kotoran dan jamur. Ciri jamur pada daun sirsak ini adalah adanya bercak - bercak putih pada permukaan daun.

Setelah itu kemas daun yang sudah di pilih menggunakan karung plastik yang berpori.

Produk Olahan Daun Sirsak

Daun sirsak dapat di olah menjadi beberapa produk yang memiliki manfaat bagi kesehatan, berikut ini adalah beberapa contoh olahan daun sirsak yang bisa kita manfaatkan.

1. Teh Daun Sirsak

Pada industri pengobatan herbal, produk yang banyak di hasilkan adalah teh daun sirsak. Teh ini umumnya di kemas dalam kantong - kantong kecil. Mengonsumsi teh daun sirsak di percaya mampu menyembuhkan penyakit kanker, menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

2. Kapsul Daun Sirsak

Selai dalam bentuk teh, obat herbal daun sirsak juga di produksi dalam bentuk kapsul. Sari yang terdapat dalam daun sirsak di proses sedemikian rupa sehingga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

3. Rebusan Daun Sirsak

Selain dalam bentuk yang telah melalui proses industri, daun sirsak yang sudah di keringkan dapat langsung di konsumsi dengan cara merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air. Proses perebusan di lakukan hingga air menjadi tinggal satu gelas. Kemudian saring hasil rebusan dan kemudian air hasil rebusan dapat di konsumsi. Air rebusan daun sirsak dapat di konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari.

Baca Juga : Berikut Beragam Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

Daun sirsak memiliki banyak zat aktif yang bermanfaat bagi pengobatan herbal. Rutin mengonsumsi obat herbal daun sirsak dan aktif melakukan olahraga adalah cara terbaik untuk memperoleh manfaat maksimal dari pengobatan herbal ini.

Demikian ulasan tentang cara memilih daun sirsak sebagan bahan baku obat herbal. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Daun Sirsak Sebagai Bahan Baku Obat Herbal"