Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Tindakan Menjaga Kelestarian Lingkungan yang Patut di Lakukan


etafarm.com - 10 Contoh Tindakan Menjaga Kelestarian Lingkungan yang Patut di Lakukan.
Kelestarian lingkungan merupakan hal yang banyak di perbincangkan di era indutrialisasi saat ini. Beragam tindakan dan aktivitas manusia memengaruhi tingkat kelestarian alam saat ini. Oleh karena itu kita patut menjaga kelestarian lingkungan mulai dari diri kita. Seperti apa tindakan melestarikan lingkungan yang di maksud? yuk kita simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga : Apa Itu Ekosistem Laut dan Bagaimana Cara Menjaganya?

Pengertian Lingkungan

Lingkungan adalah sesuatu yang ada di sekitar kehidupan manusia dan memiliki hubungan timbal balik satu sama lain. Lingkungan merupakan habitat bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.

Terdapat dua jenis komponen penyusun lingkungan hidup,

  • Komponen biotik : makhluk hidup yang terdiri atas manusia, hewan dan tumbuhan
  • Komponen abiotik : terdiri dari benda - benda tidak hidup, antara lain tanah, udara, air, cahaya matahari dan lainnya.

Bentuk Kerusakan Lingkungan

Pada dasarnya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya berjalan dengan seimbang. Namun di era industrialiasi yang serba maju saat ini, kegiatan - kegiatan manusia membutuhkan sumberdaya yang cukup besar dimana sumberdaya itu di peroleh dari lingkungan/alam. Ini menjadikan lingkungan menjadi tidak sehat, ditandai dengan banyaknya fenomena kerusakan alam yang terjadi saat ini.

Berikut ini adalah contoh bentuk kerusakan alam.

  1. Banjir
  2. Pemanasan global
  3. Rusaknya hutan
  4. Longsor
  5. Polusi udara

Contoh Tindakan Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Manusia adalah sumber utama penyebab rusaknya lingkungan hidup, kebutuhan akan makanan, sumberdaya yang besar membuat lingkungan mengalami penurunan kualitas.

Kita sebagai individu yang ingin lingkungan hidup tetap lestari dapat melakukan beberapa tindakan sederhana yang dapat menjaga lingkungan, berikut ini adalah 10 contoh tindakan yang dapat kita lakukan :

  1. Membuang sampah pada tempatnya
  2. Mematikan peralatan elektronik saat tidak digunakan
  3. Mendaur ulang sampah
  4. Menanam pohon
  5. Mengurangi penggunaan plastik
  6. Mengurangi intensitas belanja yang tidak perlu
  7. Menjaga kebersihan lingkungan
  8. Menggunakan air seperlunya
  9. Menggunakan transportasi umum saat bepergian
  10. Membeli barang bekas yang masih layak pakai

Baca Juga : Manfaat Hutan Mangrove Bagi Lingkungan dan Cara Melestarikannya

Lingkungan/alam adalah tempat hidupnya seluruh makhluk hidup. Dengan menjaga kelestarian lingkungan, kita akan memperoleh manfaat nyata yang di sediakan lingkunan bagi makhluk hidup. Kita sebagai manusia sebagai penyumbang kerusakan lingkungan terbesar sudah sepatunya kita mulai menjaga lingkungan dengan tindakan - tindakan sederhana yang dapat kita lakukan melalui kegiatan kita sehari - hari.

Demikian ulasan mengenai 10 contoh tindakan menjaga kelestarian lingkungan. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10 Contoh Tindakan Menjaga Kelestarian Lingkungan yang Patut di Lakukan"