Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Hutan Mangrove Bagi Lingkungan dan Cara Melestarikannya

etafarm.com - Manfaat Hutan Mangrove Bagi Lingkungan dan Cara Melestarikannya. Bagi masyarakat Indonesia kata mangrove mungkin terasa tidak asing lagi, karena banyak orang yang membicarakan mengenai kata ini. Hutan mangrove yang bisa kita temui di sekitar pesisir pantai ini memberikan segudang manfaat bagi alam dan lingkungan. Sudah tau apa saja manfaat dari hutan mangrove ini? yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga : Penyebab Terjadinya Blooming Alga dan Cara Mengatasinya

Apa itu Hutan Mangrove?

Hutan mangrove atau yang umum dikenal dengan hutan bakau adalah hutan yang tumbuh pada areal yang di genangi campuran air laut dan tawar. Akibat adanya pertemuan antara air asin dan air tawar ini, maka tercipta lingkungan bernama payau.

Banyak yang menyebut hutan mangrove ini sama dengan hutan bakau, namun itu tidak ada salahnya. Sebenarnya pada hutan mangrove tidak hanya tumbuh tanaman bakau, banyak spesies tanaman yang tumbuh ada hutan ini. Namun karena tanaman bakau (Rhizopora sp) adalah tanaman dominan maka banyak orang menyebut hutan mangrove juga sebagai hutan bakau.

Hutan mangrove tumbuh di areal sepanjang pesisir pantai dan muara sungai. Jenis tanaman yang tumbuh di pengaruuhi oleh jenis tanah, tingkat salinitas, intensitas gelombang dan tingkat pasang surut suatu tempat.

Persebaran Hutan Mangrove di Indonesia

Persebaran hutan mangrove cukup merata di wilayah indonesia, berikut ini gambaran persebaran hutan mangrove di Indonesia

Pulau Sumatera

Sebagai pulau dengan garis pantai cukup panjang maka tidak heran sumatera memiliki hutan mangrove yang cukup luas. Keberadaan hutan mangrove di pulau sumatera dapat kita temui di pesisir pantai timur dan barat dengan total luas mencapai 892.000 hektar. Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan menyumbang luas hutan mangrove terbesar dengan luasan 141.000 hektar.

Pulau Jawa

Pulau jawa yang memiliki luasan lebih kecil dari sumatera juga memiliki hutan mangrove yang tidak kalah luas. Tercatat luas hutan mangrove di pulau jawa mencapai 119.000 hektar dan ini tersebar di bebara titik di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten. Jawa Timur merupakan penyumbang terbesar untuk luasan hutan yang mencapai 27.000 hektar.

Pulau Kalimantan

Kalimantan di kenal sebagai pulau dengan luasan hutan paling besar di Indonesia. Tidak terkecuali mangrove, Luasan tutupan hutan mangrove di pulau kalimantan mencapai 630.000 hektar dan tersebar di hampir seluruh provinsi di Kalimantan. Provinsi Kalimantan Timur memiliki luasan paling besar yaitu 244.000 hektar.

Pulau Sulawesi

Pulau ini terkenal akan keindahan pantainya, air yang jernih dan keanekaragaman hayati laut merupakan daya tarik pantai - pantai di sulawesi. Hutan mangrove yang hidup di pesisir pantai juga menambah daya tarik, tercataT Sulawesi memiliki luasan hutan mangrove sebesar 115.000 hektar.

Pulau Papua

Beradasarkan data yang dihimpun dari beberapa sumber, pulau Papua merupakan pulau dengan luasan hutan mangrove terbesar di Indonesia. Luasanan hutan mangrove di pulau ini menjapai 1,6 juta hektar dan tersebar di hampir seluruh pesisir pantai papua. Papua barat tercatat memiliki hutan mangrove seluas 482.000 hektar dan ini merupakan yang terluas.

Manfaat Hutan Mangrove

Keberadaan hutan mangrove memiliki dampak yang nyata bagi lingkungan dan masyarakat yang hidup di sekitar lokasi hutan. Berikut ini beberapa manfaat dari mangrove :

1. Perlindungan Pantai

Pohon bakau yang merupakan tanaman yang dominan pada hutan mangrove memiliki sistem perakaran yang kuat. Akar dan batang yang rapat merupakan perlindungan bagi pesisir pantai dari hantaman ombak laut yang dapat merusak pantai. Selain itu hutan mangrove dapat memecah ombak dan angin kencang dari laut sehingga tidak memiliki dampak yang merusak di daratan.

2. Penyaring Air

Akar tanaman pada hutan mangrove tidak hanya berfungsi sebagai perlindungan pantai. Sistem perakaran yang rapat dapat menangkap endapan yang terbawa dari sungai menuju laut, sehingga air yang masuk ke laut akan menjadi lebih bersih.

3. Sumber Mata Pencaharian Bagi Masyarakat

Kawasan hutan mangrove memiliki peran penting bagi perekonomian masyarakat di sekitar hutan. Mangrove memiliki ekosistem yang sangat cocok sebagai tempat tinggal berbagai macam organisme, seperti ikan, udang, kepiting dan masih banyak lagi. Tentunya ini merupakan tempat yang ideal bagi nelayan untuk menangkap ikan.

Cara Melestarikan Hutan Mangrove

Berikut ini cara yang dapat di laukan untuk menjaga kelestarian hutan mangrove :

  1. Penanaman kembali pohon bakau
  2. Menjaga kebersihan di sekitar kawansan mangrove
  3. Tidak melakukan eksploitasi berlebihan terhadap hutan mangrove, seperti menggunaakan bahan peledak dan pukat harimau saat memancing ikan.

Baca Juga : Manfaat Tanaman Pucuk Merah yang Jarang Di Ketahui

Hutan mangrove dengan segala manfaat yang diberikan bagi lingkungan sudah selayakanya untuk di lestarikan. Tindakan nyata di perlukan saat ini untuk dapat kembali memperbaiki kawasan hutan mangrove yang sudah mulai terdegradasi akibat kerusakan lingkungan.

Demikian ulasan mengenai manfaat dan cara melestarikan hutan mangrove. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Manfaat Hutan Mangrove Bagi Lingkungan dan Cara Melestarikannya"