Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Beragam Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

etafarm.com - Berikut Beragam Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui. Cengkeh merupakan tanaman asli Indonesia, tepatnya berasal dari kepulauan Maluku. Pohon cengkeh yang sudah berumur lebih dari 5 tahun akan menghasilkan bunga yang kemudian dapat di manfaatkan untuk berbagai hal. Salah satunya sebagai bahan yang bermanfaat bagi kesehatan. Yuk kita simak ulasan di bawah ini mengenai manfaat cengkeh bagi kesehatan.

Baca Juga : Cara Melakukan Sambung Pucuk Pada Bibit Alpukat

Sekilas Mengenai Cengkeh

Cengkeh adalah tanaman asli asal Indonesia yang sudah sejak dahulu banyak di budidayakan oleh masyarakat yang berada di kepulauan Maluku. Cengkeh merupakan alasan bangsa Eropa berbondong - bondong datang ke Indonesia, hal ini di karenakan cengkeh tidak dapat di tanam di Eropa. Pada masa kejayaannya cengkeh memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi, hal ini tidak terlepas karena cengkeh sangat di butuhkan pada masa itu. 

Saat ini cengkeh sudah tersebar hampir seluruh wilayah Indonesia. Tanaman cengkeh dapat tumbuh dengan optimal pada wilayah dengan iklim tropis. Tanaman cengkeh hanya dapat berbunga sekali dalam setahun, yaitu pada bulan Mei hingga Oktober.

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

Tanaman cengkeh memiliki nama latin Syzygium Aromaticum. Bunga dari tanaman yang telah di keringkan ini banyak di manfaatkan sebagai bahan masakan, bahan baku pembuatan rokok dan sebagai bahan yang berguna bagi kesehatan. Cengkeh kaya akan senyawa antioksidan yang sangat di butuhkan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak sel - sel dalam tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman cengkeh bagi kesehatan, yang perlu kamu ketahui :

  1. Mengobati nyeri gigi
  2. Menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh
  3. Menjaga kesehatan mata
  4. Menjaga kesehatan tulang
  5. Menurunkan kadar gula darah
  6. Meningkatkan fungsi hati
  7. Mencegah ejakulasi ini

Baca Juga : Mengenal Alpukat Hass Yang Sedang Naik Daun

Berkat beragam manfaat yang dapat di rasakan. Kita di anjurkan secara rutin untuk mengonsumsi air rebusan cengkeh yang sudah di campur dengan bahan lainnya agar menambah manfaatnya. Kita juga dapat mencampur cengkeh pada bahan masakan yang kita masak untuk dapat merasakan manfaat manfaat dari cengkeh. 

Demikian ulasan mengenai manfaat cengkeh bagi kesehatan. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Berikut Beragam Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui"