Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komposisi Pakan Yang Ideal Bagi Kelinci Kesayangan Kamu


etafarm.com - Komposisi Pakan Yang Ideal Bagi Kelinci Kesayangan Kamu
. Kelinci adalah hewan mamalia pengerat yang banyak banyak di jadikan hewan peliharaan. Penentuan komposisi pakan merupakan hal yang peting  untuk memenuhi nutrisi bagi kelinci. Ini merupakan kunci agar kelinci kesayangan kamu tumbuh dengan sehat. Berikut ini adalah komposisi pakan yang baik bagi kelinci kesayangan kamu.

Baca Juga : Musim Mas Rilis 4 Varietas Kelapa Sawit Baru Guna Genjot Produksi TBS

Kelinci

Kelinci atau kuilu adalah hewan mamalia yang berasal dari keluarga leporidae. Kelinci berkembang biak dengan cara vivivar atau yang umum di sebut dengan beranak. Awalnya kelinci adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa.

Selain menjadi hewan peliharaan, terdapat juga jenis kelinci yang dapat di jadikan hewan pedaging. Jenis kelinci yang umum di jadikan hewan pedaging adalah Continental Giant. Kelinci ini dapat memiliki panjang hingga 1.3 meter dan berta mencapai 22 kilogram.

Komposisi Pakan Kelinci

1. Pakan Dasar

Sebagai bahan pakan dasar, kamu dapat menggunakan pakan komersial yang dapat di temukan pada toko yang memang sudah di rancang untuk kelinci. Pakan dengan serat tinggi dan rendah lemak merupakan yang terbaik bagi kelinci.

2. Serat

Serat adalah komponen penting dalam komposisi pakan kelinci. Kelinci memerlukan serat dalam jumlah yang besar agar pencernaan hewan ini bekerja dengan baik. Kamu dapat menggunakan jerami sebagai sumber serat bagi kelinci. Pilihlah jerami yang segar, kering dan bebas dari jamur.

3. Sayuran Hijau

Sayuran segar merupakan pilihan pakan tambahan yang baik bagi kelinci. Wortel, bayam, kangkung, brokoli dan sayuran hijau lainnya dapat kamu gunakan sebagai makanan pelengkap. Berikan kelinci kesayangan kamu sayuran hijau dalam porsi kecil setiap harinya agar kelinci dapat bertumbuh dengan sehat.

4. Buah - Buahan

Menambahkan buah - buahan segar tentunya sangat baik bagi kelinci. Kelinci juga memerlukan asupan vitamin dalam proses pertumbuhan. Kamu dapat memberikan apel, melon, pisang, pir dan storberi dalam jumlah yang tidak banyak pada kelinci kesayangan kamu.

Hindari memberikan buah - buahan dalam jumlah berlebihan karena kandungan gula yang tinggi dalam buah - buahan dapat menggangu penceernaan kelinci.

5. Air Bersih

Kelinci adalah hewan pengerat yang suka makan, kamu harus selalau memastikan kelinci mengonsumsi air bersih. Ganti air dalam wadah minum kelinci setiap hari agar kondisi air selalu dalam keadaan bersih dan jangan lupa selalu membersihkan wadah minum kelinci dari sisa - sisa makanan.

Baca Juga : Akar Wangi Si Pencegah Longsor dan Minyaknya Bernilai Tinggi

Menentukan komposisi pakan yang baik bagi kelinci adalah kunci agar kelinci kesayangan kamu selalu dalam keadaan sehat. Serat tinggi, vitamin dan air yang cukup merupakan hal yang sangat di butuhkan oleh kelinci.

Demikian ulasan mengenai komposisi pakan yang ideal bagi kelinci. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Komposisi Pakan Yang Ideal Bagi Kelinci Kesayangan Kamu"