Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beragam Manfaat Limbah Cangkang Sawit Yang Perlu Kamu Ketahui


etafarm.com - Beragam Manfaat Limbah Cangkang Sawit Yang Perlu Kamu Ketahui. Cangkang sawit merupakan limbah hasil pengolahan buah kelapa sawit di pabrik kelapa sawit. Selama ini pemanfaatan cangkang sawit masih belum di manfaatkan secara optimal atau bahkan belum di gunakan sama sekali. Tetapi belakangan ini berkat sifat - sifat yang di  miliki, cangkang sawit mulai banyak di cari untuk di manfaatkan. Apa saja manfaat dari cangkang sawit ini? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Sejarah Panjang Kelapa Sawit Indonesia

Apa Itu Cangkang Sawit?

Sebelum membahas mengenai manfaat cangkang sawit, ada baiknya kita membahas secara singkat apa itu cangkang sawit. Cangkang sawit (Palm Kernel Shell) adalah lapisan keras pada biji sawit yang berfungsi melindungi inti sawit. 

Ketebalan cangkang sawit ini berbeda - beda antara jenis sawit. Cangkang paling tebal dimiliki sawit dengan jenis dura dengan ketebalan 2 - 8 mm, Tenera 0,5 - 4 mm dan Psifera < 0,5 mm. Umumnya cangkang sawit dari jenis sawit dura lebih disukai oleh konsumen, karena memiliki cangkang yang tebal. 

Saat ini masih banyak jenis sawit dura yang di tanam di Indonesia, sehingga potensi cangkang sawit masih sangat besar.

Manfaat

Alternatif Bahan Perkerasan Jalan

Cangkang sawit memiliki sifat fisik yang sangat keras, terutama pada jenis sawit dura. Sehingga hal ini di manfaatkan oleh perusahaan maupun petani untuk menggunakannya sebagai bahan perkerasan jalan - jalan perkebunan. 

Penggunaan cangkang sawit ini cukup ekonomis jika dibandingkan dengan material lainnya seperti jika menggunakan agregat maupun batu split yang harganya cukup mahal apabila lokasi kebun cukup jauh.

Bahan Baku Arang

Cangkang dapat di gunakan menjadi bahan baku dalam pembuatan arang. Kandungan zat ligno selulosa yang cukup tinggi ini membuat arang dari cangkang sawit memiliki kualitas yang lebih baik dari bahan kayu pada umumnya. Pemanfaatan arang berbahan dasar cangkang sawit ini masih sangat jarang, sehingga arang ini masih cukup potensial untuk di kembangkan.

Bahan Bakar Alternatif Pengganti Batubara

Saat ini banyak negara maju mulai melirik cangkang sawit sebagai pengganti batubara yang di anggap tidak ramah lingkungan. Jepang, Korea Selatan, China Hingga Thailand sudah mulai mengimpor cangkang sawit asal Indonesia. Seperti yang telah di jelaskan, bahwa umumnya sawit yang ditanam di Indonesia adalah jenis dura. 

Cangkang sawit ini adalah yang paling tebal di bandingkan dengan jenis sawit lainnya. Ini yang membuat cangkang sawit Indonesia sangat laris di pasar internasional. Penggunaan cangkang sawit menjadi pengganti batubara bukan tanpa sebab. Cangkang sawit yang berkualitas baik memiliki nilai kalori 4.000 - 6.000 kkal/kg. Nilai ini tentunya dapat mengimbangi kalor yang di hasilkan oleh batubara. 

Di sisi lain penggunaan cangkang ini merpakan upaya untuk mengurangi penggunaan bahan bakar berbasis fosil menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan.

Baca Juga : Ini Dia Varietas Sawit Pelepah Pendek Dari PPKS

Dengan beragam manfaat yang di miliki, tentunya kedepan cangkang sawit akan memiliki nilai ekonomis yang lebih baik. Hal ini tentunya akan menjadi hal baik bagi perekonomian Indonesia, karena memiliki produk ekspor yang bervariasi. 

Demikian ulasan mengenai beragam manfaat limbah cangkang sawit. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Beragam Manfaat Limbah Cangkang Sawit Yang Perlu Kamu Ketahui"