Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Membuat Kolam Ikan Sederhana di Pekarangan Rumah


etafarm - Begini Cara Membuat Kolam Ikan Sederhana di Pekarangan Rumah
. Kolam ikan di pekarangan rumah tentunya dapat menambah kesan indah dari rumah itu sendiri. Bagi kita yang memiliki kolam ikan di rumah tentunya juga dapat menikmati keindahan dari kolam tersebut. Menurut riset memelihara ikan di kolam dapat menurunkan tingkat stress dan dapat menenangkan pikiran. Nah bagi kamu yang berniat memiliki kolam ikan di pekarangan rumah, ini cara sederhana untuk membuat kolam ikan di pekarangan rumah. 

Baca Juga : Komposisi Pakan Yang Ideal Bagi Kelinci Kesayangan Kamu

Menentukan Lokasi dan Ukuran Kolam

Menentukan lokasi adalah hal pertama yang perlu kita lakukan. Setiap rumah tentunya memiliki ukuran pekarangan yang berbeda - beda satu sama lain. Lokasi kolam yang baik adalah tidak mengganggu aktivitas dari keluarga, selain itu ukuran kolam juga harus sesuai dengan luasan pekarangan yang kita miliki.

Desain Kolam Ikan

Kolam ikan umumnya identik dengan bentuk bulat ataupun kotak, namun bukan menutup kemungkinan bentuk nya bisa tidak beraturan mengikuti desain yang di inginkan oleh pemiliki rumah.

Rumah dengan pekarangan yang luas akan memiliki keuntungan dalam penentuan desain kolam ikan. Dengan memiliki tempat yang luas, kita akan memiliki banyak ruang untuk menentukan desain kolam seusai keinginan kita. Berikut ini merupakan contoh desain kolam ikan dengan pekarangan yang luas.


Namun bukan menutup kemungkinan rumah dengan pekarangan yang terbatas dapat memiliki kolam ikan dengan desain indah. Gambar di bawah ini merupakan contoh desain kolam ikan minimalis bagi rumah dengan pekarangan yang terbatas.


Material Kolam

Sebelum masuk ke tahap pengerjaan, kita terlebih dahulu mennentukan material seperti apa yang akan menutupi permukaan kolam ikan kita. Umumnya banyak orang menggunakan batu alam  dan keramik sebagai penutup kolam ikan.

Penggunaan material keramik lebih di tujukan untuk kolam ikan dengan desain minimalis namun tetap dengan kesan indah. Untuk penggunaan material batu alam dapat di gunakan untuk kolam ikan dengan ukuran yang lebih besar, namun tidak menutup kemungkinan keramik juga dapat di gunakan untuk kolam dengan ukuran besar.

Tahapan Pembuatan Kolam Ikan

Berikut ini adalah tahapan pembuatan kolam ikan secara sederhana yang dapat di coba.

1. Pesiapan Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang perlu di sediakan untuk membuat kolam ikan adalah :
  • Cangkul
  • Sekop
  • Meteran
  • Alat pengukur kerataan tanah (watterpass)
  • Papan
  • Pengaduk semen
  • Semen
  • Pasir
  • Batubata
  • Batu alam
  • Keramik
  • Liner
  • Dekorasi tambahan

2. Membuat Lubang

Sebelum membuat lubang, terlebih dahulu tentukan batas batas kolam dengan menggunakan tali yang di ikatkan pada paku yang sudah di tancapkan pada tanah. Hal ini di lakukan agar kita lebih mudah alam menggali lubang untuk pembuatan kolam ikan.

Setelah bentuk batas di buat, cangkul tanah hingga membentuk sesuai dengan desain kolam kita yang kita inginkan

3. Meratakan Tanah

Permukaan kolam yang kita gali perlu di buat rata agar pada proses selanjutnya akan menjadi lebih mudah. Penggunaan waterpass dapat di gunakan untuk menentukan kerataan tanah. Ratakan tanah dengan cangkul sedemikian rupa agar sesuai dengan ukuran dari waterpass.

4. Melapisi Kolam

Gunakan liner untuk menutup bagian dasar kolam ikan. Selanjutnya ktita dapat menggunakan batubata agar liner kolam menempel dengan sempurna pada permukaan kolam ikan.

Pengguaan batu bata juga dapat di gunakan untuk tepian kolam. Pastikan liner menempel secara sempurna agar tidak terjadi kebocoran saat kolam ikan di isi air.

5. Mengecat Kolam

Kolam ikan yang tidak menggunakan keramik sebagai penutup kolam perlu di lakukan pengecatan untuk menambah kesan indah dari kolam tersebut. Cat yang di gunakan adalah cat khusus yang tahan terhadap air.

6. Pasang Filter dan Air Mancur

Sebelum melakukan pengisian air pada kolam ikan, sebaiknya kita memasang filter pada kolam ikan, pemsangan filter ini bertujuan untuk menjaga kesehatan ikan dan mencegah bau tidak sedap dari kolam. Selain itu kita juga perlu menambahkan air mancur agar menambah kesan indah pada kolam ikan.

7. Isi Air Kolam

Isi air kolam ikan yang sudah selesai di pasang filter an air mancur. Setelah air di isi, kita perlu mendiamkan air kolam selama kurang lebih seminggu sebelum mulai memasukkan ikan pada kolam.

8. Hias Kolam dengan Dekorasi Tambahan

Penggunaan dekorasi tambahan dapat menambah kesan mewah dari kolam ikan, penambahan tanaman hias di sekitar kolam dan meletakkan batu - batu hias tentu akan memberikan kesan indah bagi kita yang melihat kolam ikan tersebut.

Manfaat Memiliki Kolam Ikan di Rumah

Memiliki kolam ikan tentunya dapat memberikan manfaat positif bagi pemilikinya. Berikut ini beberapa manfaat dari memiliki kolam ikan di rumah :

1. Mengurangi Stress

Memiliki kolam ikan dapat menurunkan tingkat stress akibat beban kerja sehari - hari. Cobalah untuk memandangi kolam yang berisi ikan yang berenang dengan secangkir teh setelah lelah bekerja seharian, tentunya aktivitas ini akan dapat menurunkan stress kita.

2. Baik Untuk Perkembangan Anak

Tidak hanya memberikan manfaat bagi orang dewasa, ternyata memelihara ikan dapat bermanfaat bagi perkembangan anak. Dengan memelihara ikan anak di ajarkan untuk tanggung jawab dalam memberikan makanan bagi ikan dan tentunya ini akan bagus bagi perkembangan anak.

3. Ikan Dapat Di Konsumsi

Apabila kita memilih ikan yang dapat di konsumsi sebagai pengisi kolam, tentunya ketika ukuran ikan sudah besar kita dapat mengonsumsi ikan tersebut. Jenis ikan nila tentunya dapat di panggang maupun di goreng, tentunya ini akan menambah semangat dalam memeliharan ikan di rumah.

Baca Juga : Bagaimana Kopi Luwak di Hasilkan?

Memiliki kolam ikan di rumah tentunya dapat menambah kesan indah dari rumah kita. Selain menambah kesan indah, memiliki kolam juga dapat menurunkan stress dan juga sebagai wahana bermain bagi anak.

Demikian ulasan mengenai cara membuat kolam ikan sederhana di pekarangan rumah. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Membuat Kolam Ikan Sederhana di Pekarangan Rumah"