Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Penyebab Selada Memiliki Rasa Pahit

Ini Penyebab Selada Memiliki Rasa Pahit

 etafarm.com - Ini Penyebab Selada Memiliki Rasa Pahit
. Selada saat ini mulai banyak di gemari oleh masyarakat karena memiliki rasa yang segar dan bermanfaat bagi tubuh. Namun sering di jumpai di pasaran selada yang memiliki rasa pahit, tentu bagi beberapa orang yang tidak menyukai rasa pahit akan enggan mengonsumsinya. Apa sih yang membuat selada menjadi pahit, mari simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga : Mengenal Kacang Lurik, Varietas yang Tahan Terhadap Penyakit Layu Bakteri

Selada

Selada memiliki nama latin Lactuca sativa termasuk dalam famili asteraceae. Selada awalnya berasal dari wilayah Mediterania dan Siberia, namun saat ini sudah menyebar hingga ke seluruh penjuru dunia. Tanaman selada dapat tumbuh dengan ketinggian 15 hingga 30 cm. Beberapa varietas memili warna daun hijau, merah, ungu dan kuning.

Penyebab dan Solusi Selada Pahit

Rasa pahit yang terasa saat kita mengonsumsi sayuran ini tentunya tidak mengenakkan bagi sebagian orang yang memang tidak menyukai sayuran pahit. Berikut ini adalah beberapa penyebab selada memiliki rasa pahit.

1. Jenis Selada

Selada memiliki jenis yang cukup banyak, karena sayuran ini memiliki banyak kerabat dalam hal klasifikasi tanaman. Berdasarkan jenisnya memang ada selada yang memiliki rasa bawaan pahit dan ini memang cukup sulit untuk di hilangkan. Contohnya selada merah lolorosa dan endive.

2. Kekurangan Air

Berdasarkan pengalaman beberapa petani sayuran selada, saat musim kemarau biasanya selada akan memiliki rasa yang cenderung lebih pahit dari biasanya. Hal ini di sebakan karena tanaman kekurangan air dalam proses pertumbuhannya.

Sebuah perbandingan yang antara selada yang di tanam pada musim kemaran dan pada musim penghujan menunjukkan bahwa selada pada musim penghujan akan memiliki rasa pahit yang sedikit. Ciri daun pada selada yang di tanaman pada musim kemarau adalah daun memiliki warna hijau lebih pekat dan lebih kaku jika di bandingkan dengan selada yang di tanaman pada saat musim penghujan.

Cara mengatasi selada yang memiliki rasa pahit akibat musim kemarau adalah dengan memperbanyak penyiraman tanaman selada. Selain itu penanaman dengan naungan paranet juga dapat di lakukan untuk mengurangi intensitas cahaya matahari sehingga mengurangi tingkat penguapan tanaman.

3. Salah Menggunakan Pupuk

Berdasarkan beberapa referensi yang tersedia, di sebutkan bahwa selada akan memiliki rasa cenderung pahit apabila terdapat unsur hara Nitrogen yang berlebih dalam tanah. Ini disebabkan tanaman akan lebih banyak memiliki jumlah klorofil yang memberikan rasa pahit pada selada.

Solusi yang dapat di ambil adalah dengan menerapkan pemupukan yang seimbang pada tanaman selada, penggunaan dolomit juga di anjurkan untuk memaksimalkan proses penyerapan unsur hara pada tanaman.

Baca Juga : Akar Wangi Si Pencegah Longsor dan Minyaknya Bernilai Tinggi

Mengonsumsi selada tentu akan memberikan rasa yang segar dan menyehatkan bagi tubuh. Dengan penanganan yang tepat selada yang di tanam tentu tidak akan memiliki rasa yang pahit.

Demikian ulasan mengenai penyebab pahit pada selada. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ini Penyebab Selada Memiliki Rasa Pahit"