Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Macam - Macam Jenis Sawi Yang Jarang Orang Ketahui

Mengenal Macam - Macam Jenis Sawi Yang Jarang Orang Ketahui

 etafarm.com - Mengenal Macam - Macam Jenis Sawi Yang Jarang Orang Ketahui
. Mungkin sebagian dari kita hanya mengetahui sawi memiliki sedikit jenisnya, contohnya sawit putih dan pahit. Namun siapa sangka ternyata sawi memiliki beragam macam yang masih merupakan keluarga sawi - sawian. Penasaran apa saja jenis - jenis sawi, mari simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga : Cara Menanam Caisim di Pekarangan Rumah

Sekilas Tentang Sawi

Sawi merupakan sekelompok tanaman dari genus Brassica yang banyak di manfaatkan daunnya sebagai bahan pangan (sayur). Di Indoensia penyebutan sawi umumnya untuk menyebukan sawi pahit dan sawi putih.

Sawi pada awalnya di percaya berasal dari dataran Tiongkok dan Asia Timur. Di wilayah Tiongkok sayuran ini sudah di budidayakan sejak 2.500 tahun yang lalu. Dari wilayah tersebut sawit kemudian menyebar luas ke Filipina dan Taiwan. Hingga kini sawi sudah menyebar hingga ke seluruh penjuru dunia.

Manfaat Sawi Bagi Kesehatan

Sawi adalah sayuran yang kaya akan vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Tentunya dengan kandungan yang lengkap mengonsumsi sawi sangat baik bagi tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat sawi bagi kesehatan :

  1. Menjaga kesehatan mata
  2. Menurunkan kadar kolesterol
  3. Meningkatkan imunitas tubuh
  4. Baik untuk program diet
  5. Memiliki efek anti kanker
  6. Membuat kulit lebih sehat

Macam - Macam Sawi

Sawi Pahit

Sawi pahit memiliki ciri daun berwarna hijau pekat. Sayuran ini banyak kita jumpai di pasar - pasar tradisional. Dinamai sawi pahit karena memang sawi ini memiliki rasa yang lebih pahit di badingkan dengan jenis sawi lainnya.

Sawi Putih

Selain sawi pahit, sawi putih juga sangat banyak di jumpai di pasar. Ini karena petani lebih banyak membudidayakan jenis sawi ini karena lebih di kenal di bandingkan dengan jenis sawi lainnya.

Sawi putih memiliki bentuk krop seperti kubis. Krop ini terbentuk akibat tidak seimbangnya proses pemekaran helai daun bagian luar dengan proses pembentukan daun baru di dalam sawi. Ini menyebabkan bagian dalam sawi terperangkap dan membentuk krop. 

Akibat krop ini maka helai daun sawi bagian dalam memiliki warna putih karena minimnya klorofil akibat kurangnya paparan sinar matahari.

Caisim

Caisim merupakan keluarga sawi - sawian dengan ciri daun berbentuk oval, tangkai daun berwarna kehijaun dan memiliki daun yang lebar. Permukaan daun bagian atas rata dan tepi daun bergelombang.

Banyak yang menyebut caisim sebagai sawi pangsit, ini terjadi karena jenis sawi ini umum di gunakan sebagai pelengkap mie panngsit.

Pakcoy

Packcoy adalah jenis sawi yang memiliki bonggol besar. Bonggol yang besar ini terbentuk dar kumpulan tangkai daun yang bertumpuk. Pakcoy saat ini cukup jarang kita temukan di pasar tradisional, ini karena saat ini pakcoy lebih banyak di budidayakan dengan cara organik dan hidroponik. Ini menyebabkan harga jual dari sawi pakcoy ini lebih tinggi dari sawi jenis lainnya.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Bahan Pangan Nabati

Sawi merupakan sayuran yang paling sering kita jumpai di pasar tradisional. Harganya yang murah dan kandungan gizi yang lengkap membuat banyak orang mengolah sayuran ini sebagai menu masakan di rumah.

Demikian ulasan mengenai macam - macam jenis sawi. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Macam - Macam Jenis Sawi Yang Jarang Orang Ketahui"