Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Antracol Untuk Cabai - Manfaat, Kandungan dan Dosis Penggunaan

Antracol Untuk Cabai - Manfaat, Kandungan dan Dosis Penggunaan

 etafarm.com - Antracol Untuk Cabai - Manfaat, Kandungan dan Dosis Penggunaan
. Kegiatan budidaya pertanian saat ini tidak terlepas dari penggunaan fungisida berbahan kimia. Ini di sebabkan penggunaan fungisida berbahan kimia seperti antracol merupakan langkah paling efektif untuk melidungi tanaman dari serangan jamur patogen. Kali ini kita akan membahas mengenai fungisida antracol yang di gunakan pada tanaman cabai. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Cara Agar Tanaman Cabai Terhindar Dari Layu Jamur dan Bakteri

Apa Itu Fungisida?

Fungisida adalah kelompok pestisida yang mengandung bahan kimia dengan sasaran untuk mengendalikan jamur patogen yang menyebabkan penyakit pada tanaman. Jamur patogen menjadi momok menakutkan bagi petani saat ini, karena dapat menurunkan hasil panen bahkan dapat menyebabkan kegagalan panen bagi petani.

Berdasarkan cara kerjanya, fungisida di bagi menjadi dua kelompok yaitu fungisida kontak dan fungisida sistemik

Fungisida Kontak adalah fungisida yang bekerja hanya pada bagian yang terkena paparan fungisida, artinya fungisida akan bekerja langsung pada bagian tertentu saja.

Fungisida Sistemik adalah fungisida yang setelah di semptorkan terlebih dahulu akan diserap oleh tanaman lalu di distribusikan ke seluruh bagian tanaman melalui jaringan. Penggunaan pestisida sistemik memang bekerja lebih lambat daripada fungisida kontak, namun sistemik akan memiliki efek yang lebih bertahan lama.

Antracol 70 WP

Antracol 70 WP adalah fungisida yang bekerja secara kontak dan protektif dalam mengendalikan jamur patogen yang merugikan tanaman.

Antracol dapat di gunakan pada semua jenis tanaman, baik tanaman pertanian dan perkebunan.

Manfaat

Antracol merupakan fungisida yang populer di kalangan petani cabai untuk mengendalikan penyakit antraknosa. Selain itu, fungisida ini juga efektif untuk mengendalikan jamur Cescospora capsisi. penyebab bercak daun pada cabai.

Kandungan Antracol 70 WP

Antracol 70 WP mengandung bahan aktif yang bernama Propineb. Bahan aktif ini merupakan bahan kimia golongan Ditio-Karbamat. Fungisida antracol bekerja secara kontak dan protektif dalam mengendalikan penyebaran jamur pada lahan - lahan pertanian dan perkebunan.

Cara dan Dosis Penggunaan

Berikut ini akan di uraikan cara penggunaan Antracol 70 WP pada tanaman cabai.

1. Penggunaan Dengan Cara Perendaman

Penggunaan dengan cara perendaman biasanya di lakukan pada benih cabai yang akan di semai. Perendaman benih cabai dengan fungisida akan efeketif menekan munculnya jamur pada fase persemaian. Selain itu perendaman juga dapat meningkatkan persentasi keberhasilan penyemaian bibit cabai.

Dosis yang di gunakan adalah 1-2 gram antracol per 1 liter air

2. Penggunaan Dengan Cara di kocorkan

Pengocoran di lakukan dengan cara melarutkan antracol dalam sebuah wadah ember dengan air sesuai dengan dosis anjuran, lalu larutan tersebut di siramkan di sekitar perakaran cabai untuk mencegah serangan penyakit pada tanaman cabai.

Dosis yang si pakai adalah dengan cara melarutkan 1-2 sendok makan per 5 liter air lalu di siramkan di sekitar perakaran cabai.

3. Penggunaan Dengan Cara Penyemprotan

Pemakaian antracol dengan cara penyemprotan di lakukan pada cabai yang sudah di tanam di lahan. Umunya kegiatan penyemprotan di lakukan pada saat umur cabai 7 HST. Kegiatan penyemprotan ini harus dilakukan hingga tanaman cabai panen dengan interval penyemprotan 5-7 hari sekali.

Dosis yang si pakai adalah  2-3 sendok makan per tangki semprot (15-16 liter) lalu di semprotkan secara merata pada tanaman cabai. 

Harga

Antracol 70 WP di kemas dalam kemasan 250 gram, 500 gram dan 1 kilogram. Adapun harga fungsida ini adalah :

  • Kemasan 250 gram : Rp 40.000 - Rp 50.000
  • Kemasan 500 gram : Rp 80.000 - Rp 90.000
  • Kemasan 1 kilogram : Rp 140.000 - Rp 150.000

Catatan : Harga pada setiap daerah mungkin berbeda

Baca Juga : Mengenal Trichoderma Dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Penggunaan antracol akan sangat baik untuk menekan serangan jamur patogen yang dapat menyebabkan penurunan hasil panen cabai. Perlu di pahami mengenai cara dan dosis penggunaan antracol pada tanaman cabai agar fugisida ini bekerja secara maksimal melindungi tanaman cabai.

Demikian ulasan mengenai penggunaan fungisida antracol pada cabai. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Antracol Untuk Cabai - Manfaat, Kandungan dan Dosis Penggunaan"