Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Istilah Pertanian Beserta Maknanya (Bagian 1)

10 Istilah Pertanian Beserta Maknanya (Bagian 1)

 etafarm.com - 10 Istilah Pertanian Beserta Maknanya (Bagian 1)
. Bagi sebagian orang awam tentunya istilah - istilah yang sering di gunakan dalam dunia pertanian dapat membuat bingung, tentu ini dapat menurunkan tingkat pemahaman apabila membaca artikel tentang pertanian. Di bawah ini akan di lampirkan istilah - istilah peratian beserta maknanya untuk menambah wawasan para pembaca blog Eta Farm.

Baca Juga : Mengenal Macam - Macam Jenis Sawi Yang Jarang Orang Ketahui

Absisi : Proses pengguguran daun, ranting. bunga atau buah oleh tanaman dengan tujuan mengurangi beban metabolisme yang berlebihan. Contohnya adalah gugurnya daun jati saat kemarau karena kekurangan air untuk mengurangi tinggkat metabolisme tanaman.

Acid : Senyawa kimia yang memiliki nilai pH kurang dari 7.

Aktivator : Zat yang berfungsi untuk mempercepat suatu proses dalam bidang pertanian. Biasanya aktivator banyak di gunakan dalam proses pembuatan pupuk kompos, dengan tujuan mempercepat proses pematangan pupuk.

Alkali : Senyawa kimia yang memiliki nilai pH lebih dari 7.

Anorganik : Senyawa atau zat yang tidak memiliki gugus karbon (C), hidrogen (H) dan oksigen (O).

Fitotonik : Efek pestisida yang bersifat meracuni tanaman apabila salah dalam penggunaan dan dosis.

Fosfat Alam : Bahan fosfat yang berasal dari hasil kegiatan penambangan batu yang mengandung fosfat dan kalsium. Fosfat alam adalah pupuk yang memiliki sifat slow release dan dapat di gunakan sebagai pembenah tanah.

HST : HST adalah singkatan dari Hari Setelah Tanam, biasanya di gunakan sebagai acuan untuk mengukur umur tamanan dalam kegiatan budidaya pertanian.

Kocor : Kocor umum di gunakan dalam hal pemupukan tanaman. Kocor merupakan metode/cara pemupukan tanaman dengan cara melarutkan pupuk dengan air lalu menyiramkan larutan tersebut pada tanaman.

NPK : NPK merupakan singkatan dari Nitrogen, Phosphor dan Kalium. Ketiga unsur ini adalah unsur hanya terpenting bagi tumbuhan. NPK biasanya ditujukan untuk menyebutkan jenis pupuk.

Baca Juga : Sudah Tau Kalau Sorgum Bisa Menjadi Alternatif Pengganti Beras?

Demikian 10 istilah dalam dunia pertanian beserta dengan maknanya. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10 Istilah Pertanian Beserta Maknanya (Bagian 1)"