Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beragam Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Kacang Sacha Inchi

Beragam Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Kacang Sacha Inchi

 etafarm.com - Beragam Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Kacang Sacha Inchi. Kacang sacha inchi adalah tanaman asli yang berasal dari hutan hujan amazon. Kacang ini di kenal memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, sehingga saat ini banyak orang mulai mengonsumsi kacan sacha inchi. Bagi kamu yang penasaran dengan manfaat kacang sacha inchi ini bagi tubuh, mari simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Panduan Sederhana Budidaya Kacang Sacha Inchi

Kacang Sacha Inchi

Tanaman sacha inchi berasal dari wilayah amazon Amerika Selatan. Tepatnya dari wilayah tropis Amerika Selatan, meliputi negara, Venezuela, Kolombia, Peru, Brazil, Suriname dan Karibia.

Oleh penduduk asli peru, tanaman ini sudah di budidayakan selama berabad - abad lamanya. Tumbuhan ini dapat tumbuh mulai dari dataran rendah yang hangat hingga dataran tinggi dengan suhu yang dingin.

Kandungan Nutrisi Kacang Sacha Inchi

Banyak orang menganggap kacang sacha inchi ini sebagai makanan yang baik bagi kesehatan terutama untuk perkembangan otak anak. Bukan tanpa sebab kacang ini di sebut sebagai kacang yang sehat, karena kacang sacha inchi mengandung asam lemak tak jenuh ganda, asam esensial linolenat dalam jumlah yang tinggi (Omega 3:  35 - 50% dan Omega 6 : 33 - 40%).

Selain kaya akan asam lemak omega, kacang ini juga mengandung protein, vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehtatan tubuh.

Biji dan daun mentah tanaman ini mengandung alkaloid, lektin dan saponin dalam jumlah yang tinggi dan dapat menyebabkan keracunan apabila di konsumsi dalam keadaan mentah/belum di masak. Proses pemasakan dan pemangganan kacang ini akan menghilangkan zat yang bersifat racun bagi tubuh, sehingga aman untuk di konsumsi.

Manfaat Bagi Kesehatan

Berkat kandungan asam lemak omega 3 dan 6 serta vitamin dan mineral yang terkandung dalam kacang ini, tentunta kacang ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah daftar manfaat kacang sacha inchi bagi kesehatan:

  1. Menurunkan kadar kolesterol
  2. Meringankan gejala asam urat.
  3. Menutrisi kulit
  4. Meningkatkan kecerdasan otak
  5. Menurunkan risiko stroke
  6. Meningkatkan kemampuan penglihatan

Baca Juga : Akar Wangi Si Pencegah Longsor dan Minyaknya Bernilai Tinggi

Demikian ulasan mengenai manfaat mengonsumsi kacang sacha inchi, Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Beragam Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Kacang Sacha Inchi"