Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Odesa 60 WP - Manfaat, Kandungan dan Dosis Penggunaan

Odesa 60 WP - Manfaat, Kandungan dan Dosis Penggunaan

 etafarm.com - Odesa 60 WP - Manfaat, Kandungan dan Dosis Penggunaan. Budidaya pertanian adalah kegiatan yang tidak lepas dari serangan jamur patogen yang menyebabkan tanaman menjadi sakit. Untuk itu penggunaan fungisida saat ini adalah sebuah keharusan bagi petani untuk melindungi tanaman dari serangan jamur patogen yang tidak terkendali. Kali ini kita akan mengulas mengenai fungisida odesa 60 WP. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Antracol Untuk Cabai - Manfaat, Kandungan dan Dosis Penggunaan

Apa Itu Fungisida

Fungisida adalah pestisida yang di gunakan untuk mengendalikan penyebaran jamur patogen pada lahan pertanian. Penggunaan fungsidia akan secara efektif terhadap sasaran jamur yang sulit untuk di basmi dengan bahan alami.

Berdasarkan fugnsinya, fungisida di kelompokkan menjadi dua yaitu, fungisida kontak yang berkerja pada tempat atau wilayah yang terkena paparan fungisida dan fungisida sistemik yang bekerja setelah fungisida terserap oleh tanaman.

Odesa 60 WP

Odesa 60 WP adalah salah satu merek fungisida yang bekerja secara kontak, diformulasikan untuk mengendalikan jamur patogen penyebab penyakit tanaman. Odesa 60 WP dapat di gunakan pada berbagai tanaman pertanian dan juga perkebunan.

Fungisida odesa bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim dalam tubuh jamur dengan menghasilkan enzim yang mengandung unsur logam dalam tubuh jamur sehingga pertumbuhan jamur akan melambat lalu kemudian mati. 

Manfaat

Sebagai kelompok fungisida kontak, odesa dapat mengendalikan berbagai macam penyakit yang di sebabkan oleh serangan jamur patogen, contohnya penyakit bercak daun, antraknosa, karat daun, hawar daun dan lain sebagainya.

Berikut ini daftar penyakit tanaman akibat jamur yang dapat di kendalikan Odesa 60 WP : 

  • Cabai : Bercak daun dan antraknosa
  • Kentang : Karat daun dan busuk daun
  • Kedelai : Karat daun
  • Tomat : Busuk daun
  • Bawang merah : Bercak ungu
  • Semangka : Bercak daun
  • Kacang hijau : Bercak daun
  • Terong : Antraknosa dan bercak daun
  • Kakao : Busuk buah
  • Kubis : Busuk daun dan busuk akar

Kandungan Odesa 60 WP

Odesa mengandung bahan aktif mancozeb 60%. Mancozeb adalah bahan aktif fungisida kontak yang termasuk ke dalam golongan M3 (Ditio-Karbamat).

Fungisida Odesa berbentuk tepung yang di larutkan dalam air kemudia di semprotkan pada tanaman untuk melindungi tanaman dari serangan jamur. Karena memiliki sifat yang melindungi, sebaiknya fungisida ini di aplikasikan sebagai tindakan pencegahan serangan jamur patogen.

Cara dan Dosis Penggunaan

Cara mengaplikasikan fungisida Odesa 60 WP terbilang mudah, cara nya sama seperti fungisida pada umumnya. Larutkan fungisida sebanyak 4 - 6 gram per liter atau 50 - 60 gram untuk satu tangki semprot 16 liter dengan air bersih. Untuk penggunaan pada musim hujan dapat ditambahkan perekat 5 ml per tangki untuk mencegah tercucinya fungisida akibat hujan.

Cara pengaplikasian fungisida ini adalah dengan menyemprotkan larutan fungisida secara merata pada tanaman. Aplikasi sebaiknya di lakukan pada pagi hari dan sore hari.

Harga Odesa 60 WP

Odesa 60 WP dikemas dalam kemasan 250 gram dan 1.000 gram. Berikut ini adalah harga fungisida ini di sekitar tempat tinggal penulis :

  • Kemasan 250 gram : Rp 40.000 - Rp 50.000
  • Kemasan 1.000 gram : Rp 14.000 - Rp 160.000

Demikian ulasan mengenai fungisida Odesa 60 WP. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Odesa 60 WP - Manfaat, Kandungan dan Dosis Penggunaan"