Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Pengasaman Air Laut Bagi Ekosistem

Dampak Pengasaman Air Laut Bagi Ekosistem

 etafarm.com - Dampak Pengasaman Air Laut Bagi Ekosistem
. Fenomena pengasaman air laut yang terjadi saat ini merupakan masalah global yang dapat menyebabkan rusaknya lingkungan tempat kita hidup. Pengasaman air laut ini harus menjadi perhatian penting kita sebagai negara maritim yang memiliki wilayah laut lebih luas daripada daratan. Selain berdampak pada lingkungan, fenomena ini juga dapat berdampak pada aspek sosial ekonomi masyarakat di sekitar. Penasaran dengan dampak pengasaman air laut ini? yuk simak ulasannya pada artikel di bawah ini.

Baca Juga : Apa Itu Ekosistem Laut dan Bagaimana Cara Menjaganya?

Apa Itu Pengasaman Air Laut

Pengasaman air laut adalah fenomena menurunnya pH air laut untuk periode waktu tertentu, yang di sebabkan terjadinya peningkatan jumlah CO2 yang terlarut dalam air laut. Akibat dari tingginya kadar CO2 ini adalah berubahnya konsentrasi zat kimia yang terkandung dalam air laut.

Saat ini aktivitas manusia adalah penyumbang terbesar dari pengasaman air laut. Mengingkatnya penggunaan energi fosil selama beberapa dekade ini menyebabkan jumlah CO2 menjadi sangat besar jumlahnya di atmoster. 

Akumulasi dari CO2 dalam air laut akan menyebabkan CO2 bereaksi dengan ion hidrogen (H+) membentuk senyawa asam (H2CO3) atau yang umum di sebut asam karbonat. Terbentuknya senyawa asam karbonat ini adalah sumber pengasaman air laut.  Fenomena ini memiliki dampak yang serius bagi ekosistem laut serta organisme yang hidup di laut.

Proses Terjadinya Pengasaman Air Laut

Terjadinya pengasaman air laut tidak bisa dilepaskan dari peran manusia sebagai makhluk yang memiliki aktivitas paling sibuk di planet ini. Penggunaan bahan bakar fosil adalah penyumbang utama CO2 di atmosfer. CO2 yang terlepas di atmosfer ini sebagian akan terserap oleh air laut yang kemudian akan membentuk asam karbonat sebagai bahan pengasam air laut.

Berikut ini alur proses terjadinya pengasaman air laut :

1. Emisi CO2 di Atmosfer

Proses pengasaman air laut bermula dari terlepasnya gas CO2 ke atmosfer yang berasal dari aktivitas manusia di daratan. Peningkatan aktivitas selama beberapa dekade belakangan ini juga meningkatkan emisi CO2 di planet bumi.

2. Penyerapan CO2 Oleh Air Laut

Pada dasarnya gas CO2 akan melayang di atmosfer bumi untuk waktu yang lama. Namun sebagian dari CO2 di atmosfer akan terserap oleh air laut karena ada proses alam yang terjadi.

3. Reaksi Dengan Air Laut

CO2 yang larut dalam air laut akan bereaksi dengan ion H+ yang secara alami sudah ada di dalam air laut. Hasil dari reaksi ini membentuk senyawa asam bernama asam karbonat (H2CO3).

4. Penurunan pH Air Laut

Reaksi antara CO2 dan ion hidogen yang berlansung secara terus menerus akan membentuk akumulasi asam karbonat dalam jumlah yang besar pada lautan. Peningkatan jumlah asam karbonat ini akan mengasamkan air laut.

Dampak Pengasaman Air Laut

Apa dampak pengasaman air laut ini? Jawabannya tentu saja adalah timbulnya masalah lingkungan yang akan berdampak pada ekosistem laut pada khususnya dan juga seluruh ekosistem yang ada di bumi ini.

Berikut ini adalah dampak dari pengasaman air laut :

1. Dampak Ekosistem Laut

Pengasaman air laut yang terjadi akan memengaruhi ekosistem yang terdapat di lautan, contohnya adalah terjadi perubahan dalam sistem rantai makanan di dalam laut. Organisme seperti plankton yang terdapat dalam dasar rantai makanan terdampak paling nyata akibat pengasaman air laut. 

Pengasaman air laut dapat memengarhuhi lingkungan bagi plankton sehingga plankton akan sulit untuk berkembang. Akibat lanjutannya yaitu organisme yang lebih tinggi tentu akan mengalami dampak akibat kurangnya jumlah plankton sebagai sumber makanan.

Contoh kasus lain akibat pengasaman air laut adalah terjadi gangguan dalam perkembangan terumbu karang di laut. Terumbu karang memiliki manfaat sebagai tempat tinggal ikan - ikan kecil yang merupakan sumber makanan bagi ikan - ikan yang lebih besar.

2. Dampak Ekonomi dan Sosial

Dampak dari pengasaman air laut ini tidak hanya di rasakan oleh lingkungan laut saja. Manusia yang sebagian besar mengekploitasi sumber daya yang ada di laut tentu akan merasakan dampaknya. 

Secara khusus pengasaman air laut akan memengaruhi sektor perikanan komersial dan wisata. Sekor perikanan yang memiliki nilai pasar miliaran dollar akan terdampak dari menurunnya ketersediaan ikan di lautan. Selain itu sektor pariwisata juga akan mengalami dampak yang sama akibat pengasaman ini.

Cara Mengatasi Pengasaman Air Laut

Pertanyaan yang perlu ada di benak kita semua saat ini adalah bagaimana cara mengatasi pengasaman air laut yang dapat merusak lingkungan ini?. Tentunya tindakan ini adalah tindakan yang harus di lakukan secara bersama - sama untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Beriku ini adalah contoh tindakan yang dapat kita lakukan untuk mengatas pengasaman air laut :

  • Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil
  • Menggunakan kendaraan umum sebagai moda transportasi
  • Mengurangi belanja barang yang tidak perlu
  • Menjaga kebersihan lingkungan
  • Mengurangi penggunaan bahan rumah tangga penghasil gas CO2

Baca Juga : Manfaat Hutan Mangrove Bagi Lingkungan dan Cara Melestarikannya

Demikian ulasan mengenai dampak pengasaman air laut bagi ekosistem. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaaat.

Posting Komentar untuk "Dampak Pengasaman Air Laut Bagi Ekosistem"